Fitur Android 15 ini dapat meningkatkan masa pakai baterai ponsel

Fitur Android 15 ini dapat meningkatkan masa pakai baterai ponsel

Techno.id - Android 15 masih beberapa bulan lagi akan diluncurkan. Namun sejauh ini, Google telah menyemai dua build Pratinjau Pengembang OS saat mempersiapkan rilis beta publiknya di acara I/O belum lama ini.

Bocoran tentang semua fitur baru di Android 15 pun mulai bermunculan, salah satunya fitur adaptive timeout, yang dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai ponsel.

Kamu dapat mengatur batas waktu layar ponsel Android menjadi 15 detik atau selama 30 menit. Selain itu, kamu dapat mengatur ponsel untuk mengunci sendiri segera setelah batas waktu layar atau setelah penundaan yang ditentukan sebelumnya mulai dari 5 detik hingga selama 30 menit. Pada beberapa ponsel, ada fitur perhatian layar, yang memastikan tampilan tidak mati saat kamu melihatnya.

Fitur otomatis ini akan mematikan layar lebih awal jika kamu tidak menggunakan perangkat. Sayangnya hingga saat ini belum ada detail tentang cara kerja fitur ini. Tetapi mungkin, seperti perhatian layar, fitur ini akan menggunakan kamera depan untuk mendeteksi apakah kamu menggunakan ponsel.

Batas waktu adaptif dapat meningkatkan masa pakai baterai ponsel

Fitur Android 15 ini dapat meningkatkan masa pakai baterai ponsel foto: freepik/xbopoctehko

Jika diterapkan dengan benar, adaptive timeout akan membantu memperpanjang masa pakai baterai ponsel dengan mematikan layar saat kamu tidak melihatnya. Perbedaannya akan mudah terlihat jika kamu menjaga kecerahan layar ponsel tetap maksimal.

Fitur ini juga akan memastikan bahwa tidak ada yang dapat mengintip konten di layar ponsel saat kamu tidak menggunakan perangkat.

Berdasarkan beberapa penggalian kode, adaptive timeout kemungkinan eksklusif untuk ponsel Google Pixel dengan Android 15. Tidak akan menjadi bagian dari kode dasar Android (AOSP). Jadi, meskipun ponsel non-Piksel kamu mendapatkan Android 15, batas waktu adaptif mungkin tidak akan terjadi kecuali pembuat perangkat kamu memutuskan untuk mengimplementasikan fitur tersebut. Karena sebagian besar ponsel Android sudah mendukung perhatian layar, ada sedikit alasan bagi mereka untuk tidak mendukung batas waktu adaptif.

(brl/red)