Google Chrome sedang menguji mode ringkas untuk perangkat dengan layar yang lebih kecil

Google Chrome sedang menguji mode ringkas untuk perangkat dengan layar yang lebih kecil

Techno.id - Desain default Google Chrome memiliki banyak format, yang bagus untuk layar sentuh dan monitor yang lebih besar. Tetapi bagaimana untuk layar yang lebih kecil dan beresolusi lebih rendah? Google pun sekarang mencoba memperbaikinya dengan opsi Mode Ringkas baru.

Nah kabarnya, Google sedang menguji Mode Ringkas baru untuk Google Chrome pada platform desktop, yang mengurangi ukuran toolbar dan kontrol browser. Fitur ini tampaknya belum berfungsi penuh.

Meski begitu, Google sudah memberikan pesan untuk penerapan fitur baru ini dan menjelaskan cara kerjanya. Bilah bookmark dikurangi ukurannya dari tinggi 34 piksel menjadi 30 piksel, padding antara tombol bilah bookmark berubah dari 4 piksel menjadi nol piksel, dan margin pemisah toolbar menyusut dari 6 piksel menjadi nol. Fitur ini juga mengecilkan ukuran bilah tab, dan padding antara tab dan tombol tab baru dikurangi dari 6 piksel menjadi nol piksel.

Perubahannya mungkin tampak minimal, tetapi setiap ruang membantu pada layar yang lebih kecil, terutama ketika antarmuka Chrome di Windows, Mac, dan Linux tidak tersembunyi saat kamu menggulir ke bawah halaman, seperti yang terjadi pada platform selular. Penyesuaian yang tepat dapat diubah sebelum fitur diluncurkan ke semua orang.

Google Chrome sedang menguji mode ringkas untuk perangkat dengan layar yang lebih kecil foto: google chrome

Sebagai Gambaran, Mozilla Firefox dulunya juga memiliki Mode Ringkas yang serupa, tetapi dihapus pada tahun 2021. Browser lain telah mencoba fitur lain untuk mengecilkan antarmuka utama. Bilah tab vertikal tersedia di Vivaldi dan Microsoft Edge, yang dapat membantu di layar yang lebih lebar, dan Mozilla juga berencana untuk menambahkannya sebagai opsi.

Mode Ringkas ini tersedia sebagai bendera fitur di Chrome Canary, dan akan diluncurkan ke cabang Chrome lainnya dari waktu ke waktu. Kamu dapat mencobanya dengan membuka chrome://flags di browser dan mencariflags Mode Ringkas.

(brl/red)