Google hadirkan sederet fitur baru di perangkat Android, termasuk pengeditan pesan terkirim

Google hadirkan sederet fitur baru di perangkat Android, termasuk pengeditan pesan terkirim

Techno.id - Google mengumumkan beberapa fitur baru untuk perangkat Android setelah satu bulan penuh AI dengan fitur-fitur seperti Ikhtisar AI, Ask Photos, deteksi penipuan real time, dan Project Astra. Raksasa penelusuran tersebut sekarang menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna mengedit pesan RCS di Pesan Google hingga 15 menit setelah dikirim.

Alih-alih menggunakan tanda bintang dalam percakapan, pengguna dapat mengetuk dan menahan pesan di aplikasi untuk mengoreksi kesalahan ketik atau menambahkan kata yang hilang. Kemampuan untuk mengedit pesan terkirim dilaporkan sedang dikembangkan setidaknya sejak Desember tahun lalu dan fitur tersebut terlihat dalam pengujian beta oleh beberapa pengguna awal bulan ini. Google juga kabarnya akan meluncurkan beberapa kombinasi stiker Emoji Kitchen baru.

Selain itu sebuah fitur yang akan segera hadir bernama Hotspot Instan akan menghilangkan kebutuhan untuk mengetik kata sandi saat menghubungkan tablet Android atau Chromebook ke hotspot ponsel kamu. Setelah diaktifkan, fitur ini akan memungkinkan pengguna menghubungkan perangkat dengan satu ketukan.

Fitur tersebut akan dicantumkan di bawah Layanan lintas perangkat di Pengaturan, di mana fitur baru lainnya yang disebut Casting panggilan akan memungkinkan pengguna beralih antar perangkat di tengah panggilan Google Meet.

Google hadirkan sederet fitur baru di perangkat Android, termasuk pengeditan pesan terkirim foto: google

Google juga sedang menyiapkan widget Favorit untuk aplikasi Google Home agar pengguna dapat mengelola perangkat rumah pintar yang paling sering digunakan langsung dari layar beranda. Misalnya, pengguna dapat mematikan lampu atau memeriksa suhu ruangan tanpa membuka aplikasi. Widget dapat secara otomatis menyesuaikan saat pengguna mengubahnya.

Deretan fitur baru tersebut masih dalam versi pratinjau public. Jika ingin mencobanya, kamu dapat bergabung dengan membuka aplikasi Google Home > Pengaturan > Pratinjau Publik > Gabung dengan Pratinjau Publik. Setelah masuk, ikon pratinjau publik akan muncul di seluruh aplikasi seluler dan versi web Google Home. Perhatikan bahwa widget Favorit hanya berfungsi pada perangkat yang menjalankan Android 12 atau lebih baru.

Favorit Google Home juga akan hadir di jam tangan pintar Wear OS 3+. Pintasan baru akan memungkinkan pengguna mengontrol perangkat rumah pintar dengan cepat dengan satu ketukan, misalnya, membuka kunci pintu atau meredupkan lampu dapur.

Selain itu fitur kunci mobil digital Android sekarang mendukung model MINI tertentu, memungkinkan pengguna dengan Android 12 atau lebih baru membuka kunci, mengunci, dan menghidupkan kendaraan mereka menggunakan ponsel dan berbagi kunci digital. Dukungan untuk kunci mobil digital juga diperluas untuk model Polestar dan Mercedes-Benz tertentu.

(brl/red)