Google menunda peluncuran Android 15 versi stabil hingga Oktober 2024

Google menunda peluncuran Android 15 versi stabil hingga Oktober 2024

Techno.id - Buat kamu yang menantikan peluncuran Android 15 versi stabil, tampaknya harus sedikit bersabar. Seperti dilaporkan Android Authority, Google telah mengonfirmasi bahwa versi stabil Android 15 tidak akan dirilis hingga Oktober.

Padahal sebagian orang memprediksi perilisan Android 15 dilakukan pada peluncuran jajaran Pixel 9 (Pixel 9, Pixel 9 Pro, Pixel 9 Pro XL, dan Pixel 9 Pro Fold). Namun dengan ponsel Pixel baru yang keluar ini, Android 15 justru tidak terlihat dibenamkan di dalamnya.

Biasanya, Android dirilis bersamaan dengan ponsel Pixel baru. Sedangkan tahun ini, Google mengumumkan ponsel Pixel baru pada acara Made by Google terbarunya pada 13 Agustus lalu, dan dua dari empat ponsel (Pixel 9 dan Pixel 9 Pro XL) sekarang tersedia untuk dibeli.

Versi baru Android secara tradisional dirilis pada September atau Oktober. Sementara Android 14 dirilis pada 4 Oktober 2023. Jadi, dalam konteks ini, Android 15 akan dirilis dua bulan lebih lambat dari perangkat keras andalan.

Dalam laporan sebelumnya, Android Authority mengklaim bahwa pembaruan Android 15 tampaknya ditahan untuk meningkatkan stabilitasnya. Namun, Google menolak berkomentar.

Android 15 bakal dikirimkan pertama kali di perangkat Pixel Google, dengan Pixel 6 dan yang lebih baru didukung sistem baru. Deretan perangkat tersebut adalah Pixel 6, 6 Pro, 6a, 7, 7 Pro, 7a, 8, 8 Pro, 8a, 9, 9 Pro, 9 Pro XL, Pixel Fold, Pixel 9 Pro Fold, dan Pixel Tablet.

(brl/red)