Google rilis Android 15 beta ketiga, peluncuran versi stabil tidak akan lama lagi  

Google rilis Android 15 beta ketiga, peluncuran versi stabil tidak akan lama lagi  

Techno.id - Google akhirnya merilis Android 15 Beta ketiga yang tersedia untuk penguji dan pengembang perangkat lunak. Peluncuran ini adalah awal dari tahap Stabilitas Platform, yang berarti tidak akan ada perubahan signifikan lagi mulai sekarang hingga rilis final Android 15.

Versi beta terbaru ini memiliki pengalaman yang lebih baik untuk kunci sandi dan jenis kredensial tersimpan lainnya, mengurangi langkah-langkah untuk masuk dengan kunci sandi tersimpan dari dua ketukan menjadi satu ketukan. WebSQL di dalam elemen Tampilan Web juga sekarang tidak digunakan lagi, setelah penghapusannya di Google Chrome dan mesin Chromium.

Google mengatakan hal itu akan berhenti berfungsi di semua versi Android dalam 12 bulan ke depan. Artinya akan merusak aplikasi lama yang mengandalkan WebSQL. Dengan peluncuran versi beta ketiga ini, tidak banyak lagi yang bisa dibicarakan.

Google rilis Android 15 beta ketiga, peluncuran versi stabil tidak akan lama lagi foto: google

Karena fitur seperti Find My Device dapat diluncurkan ke semua perangkat Android tanpa pembaruan OS. Android 15 memperkenalkan batasan baru pada aplikasi latar belakang, Ruang Pribadi untuk menyimpan aplikasi sensitif dengan lapisan autentikasi tambahan, peningkatan dukungan untuk konektivitas satelit meskipun belum ada ponsel yang menggunakannya, kemampuan untuk merekam jendela aplikasi tertentu alih-alih seluruh layar, dan perubahan lainnya.

Versi ini juga telah memperbarui kontrol perangkat keras kamera pada perangkat yang didukung dan fitur Peningkatan Cahaya Redup yang tersedia untuk aplikasi kamera. Pengguna dapat menginstal Android 15 Beta di perangkat Google Pixel modern mana pun, dan ada juga gambar OS yang tersedia untuk perangkat pihak ketiga tertentu dari Lenovo, Nothing, OnePlus, dan produsen lainnya.

Ada juga gambar Android 15 Beta yang tersedia di Emulator Android Studio. Namun, jika kamu bukan seorang pengembang, tidak ada gunanya mencobanya sekarang, sebab rilis stabil terakhir tidak akan lama lagi.

(brl/red)