idEA klaim pantau tiap proses roadmap e-commerce Indonesia
Techno.id - Belum lama ini pemerintah mengeluarkan poin utama dalam roadmap e-commerce atau Peta Jalan e-Dagang. Hal ini pun dianggap Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) sebagai momentum tonggak sejarah bagi industri e-commerce yang sedang berkembang di Indonesia.
Memasuki tahun ke-4 usianya asosiasi yang merupakan representasi ekosistem industri itu mengaku menyaksikan arah pembangunan menuju kemajuan ekonomi digital di Indonesia. Dengan kerja keras dan sinergi berbagai elemen ekosistem, industri yang kini menjadi salah satu prioritas pembangunan negara, diharap dapat membawa Indonesia menjadi kekuatan baru ekonomi digital di dunia.
-
Rayakan euforia, e-commerce Indonesia siap gelar acara terbesar Acara apakah itu?
-
Akhirnya, roadmap e-commerce masuk pembahasan lintas kementerian "Ini harus benar-benar jadi program nasional yang bukan gawe pemerintah saja, tapi mendorong private sector dan masyarakat."
-
Perhelatan akbar e-commerce Indonesia siap berlangsung April 2016 Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE) dijadwalkan terselenggara pada tanggal 27-29 April mendatang.
Peta jalan tersebut mencakup 7 aspek strategis, yakni logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, perpajakan, pengembangan SDM, serta cyber security. Seluruh komponen tersebut merupakan faktor krusial bagi kemajuan industri e-commerce nasional.
Maka itu Asosiasi tersebut menyatakan komitmennya untuk senantiasa memberikan masukkan dan berperan aktif selama proses penyusunan, implementasi, hingga evaluasi peta jalan e-bisnis ke depannya yang secara praktis dilakukan pemerintah.
Dari sisi pendanaan, kabar positif didapat dari pembukaan Daftar Negatif Investasi untuk model bisnis e-commerce berbasis market place, price comparison, daily deals, dan iklan baris online. Ke depannya, diharapkan hal serupa juga diberlakukan untuk peritel online.
Investasi asing sangat krusial bagi bisnis startup, karena dapat memberikan kesamaan kesempatan dengan usaha yang telah mendapat investasi sebelumnya (pra-pemberlakuan DNI), pilihan akses pendanaan yang tidak semata didominasi konglomerat lokal, serta yang terpenting adalah transfer of knowledge dan teknologi dari para pemain asing yang sudah lebih dahulu berkecimpung di industri ini.
Selain investasi, para perintis usaha e-commerce ke depannya juga akan diberikan beberapa pilihan akses pendanaan seperti modal ventura, seed capital, hibah pemerintah, subsidi, Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan lainnya. Perihal optimalisasi KUR, Asosiasi tengah mengusulkan proses verifikasi khusus yang diadopsi dari prosedur yang berlaku di sektor konvensional.
Dalam ekonomi digital, hampir semua data dan transaksi terkumpul dalam bentuk informasi digital, yang dapat diekstraksi sebagai basis empiris verifikasi tersebut. Hal ini bukan hanya akan mendorong pertumbuhan UMKM jauh lebih cepat, tetapi juga meningkatkan efektifitas kinerja industri perbankan penyalur KUR.
Saat ini merupakan momen historis bagi industri e-commerce nasional. Kami sangat optimis Indonesia telah berada di jalur yang tepat. Maka itu, kami mengajak semua elemen untuk bergerak cepat mewujudkan mimpi bersama melalui program kerja yang telah ditentukan, ungkap Daniel Tumiwa selaku Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia.
Masih banyak lagi agenda yang tengah digodok oleh asosiasi bersama pemerintah sebagai perwujudan peta jalan tersebut. Di antaranya adalah pembentukan Papan Pengembangan Teknologi di bursa saham untuk membuka partisipasi publik, penyusunan safe harbor policy untuk memberikan perlindungan bagi penyedia platform berbasis online, serta kebijakan perpajakan yang kondusif bagi kemajuan industri.
RECOMMENDED ARTICLE
- iDEA: Situs market place punya aturan bagi pelapaknya
- Unjuk kekuatan e-commerce, idEA manfaatkan momen Harbolnas
- Kemendag dan idEA akhirnya temukan titik terang terkait RPP e-commerce
- Ini komentar iDEA terkait kasus iPhone 6 Plus di situs Lazada
- idEA jadi ujung tombak e-commerce soal aturan belanja online