Indosat gandeng Microsoft, akselerasikan transformasi jadi perusahaan TechCo melalui pemanfaatan AI

Indosat gandeng Microsoft, akselerasikan transformasi jadi perusahaan TechCo melalui pemanfaatan AI

Techno.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) terus berupaya untuk bertransformasi dari perusahaan Telco menjadi AI Native TechCo dengan memaksimalkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) di seluruh operasional perusahaan. Untuk itu, Indosat pun melanjutkan kemitraan strategis dengan Microsoft dengan menggunakan Copilot for Microsoft 365, asisten kecerdasan buatan terintegrasi, untuk meningkatkan produktivitas dan menghubungkan masyarakat di seluruh kepulauan Indonesia.

Chief Digital Officer Indosat Ooredoo Hutchison Sanjeev Rawat, menekankan misi Indosat seiring kemitraan dengan Microsoft. Menurutnya, Indosat tidak hanya mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam strategi Perusahaan tetapi juga turut membudayakan inovasi.

Pendekatan Indosat sejalan dengan Microsofts Work Trend Index 2024 yang menunjukkan perubahan dinamika kerja di Indonesia dengan penggunaan AI. Studi ini mencatat, 92% profesional di Indonesia memanfaatkan AI generatif di tempat kerja, dan 92% pemimpin menganggap AI penting untuk meningkatkan daya saing.

Tingginya adopsi ini menunjukkan pentingnya pemanfaatan teknologi AI di berbagai lapisan tenaga kerja. Implikasinya, pemimpin yang memahami nilai AI dapat memotivasi karyawan dan mengubahnya menjadi manfaat bisnis yang nyata.

Lebih lanjut Sanjeev menjelaskan, sebagai tim yang terlibat dalam teknologi informasi dan operasi digital, Indosat seringkali terjebak dalam aspek teknis dan menyisakan sedikit waktu yang tersedia untuk tugas-tugas rutin seperti pembuatan dokumen dan manajemen konten.

Indosat gandeng Microsoft, akselerasikan transformasi jadi perusahaan TechCo melalui pemanfaatan AI foto: indosat

Karena itu Copilot for Microsoft 365 menjadi mitra luar biasa bagi Indosat. Copilot for Microsoft 365 menjadi asisten cerdas yang memahami kebutuhan sekaligus alat untuk menyederhanakan berbagai tugas. Tidak hanya meningkatkan produktivitas, tetapi juga memungkinkan fokus pada inisiatif strategis dan pelayanan pelanggan.

Copilot for Microsoft 360 menyederhanakan berbagai pekerjaan seperti mengatur jadwal pertemuan, merangkum notulen rapat, menyiapkan email, dan banyak lagi. Penggunaannya di Indosat kini meluas dari Divisi Digital ke Divisi lain termasuk Sumber Daya Manusia (SDM), Business-to-Business (B2B), dan Jaringan.

Dalam transformasi dari Telco ke AI Native TechCo, Indosat didukung Microsoft dalam memanfaatkan Copilot untuk meningkatkan dampak bisnis dan kontribusi strategis terhadap konektivitas digital.

Semengtara Dharma Simorangkir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia, mengatakan, pohaknya sangat mendukung Indosat dalam perjalanan transformasi AI dari perusahaan Telco menjadi TechCo. Integrasi Microsoft Copilot ke dalam pekerjaan sehari-hari tidak hanya meningkatkan produktivitas di internal perusahaan, tetapi juga menciptakan dampak yang luas di luar Indosat. Melalui peningkatan efektivitas dan inovasi, Indosat mendorong konektivitas digital di seluruh Indonesia. Ini adalah bukti kekuatan teknologi untuk mendorong dampak sosial.

(brl/red)