Ini 6 Tren Instagram yang selalu diminati di Indonesia
Techno.id - Sebagai salah satu negara berkembang dengan jumlah penduduk terpadat di dunia, Indonesia kini memiliki jumlah pengguna internet yang terus meningkat dengan pesat setiap tahunnya. Tentunya, fenomena ini tak terlepas dari kemajuan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia itu sendiri.
Imbasnya, Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan pengguna media sosial terbanyak di dunia. Sebut saja Instagram. Nah, dari sekian banyak pengguna Instagram di tanah air, apa saja topik yang selalu difavoritkan oleh pengguna di tanah air?
-
Pergeseran pola, pengguna lebih cerdas gunakan sosial media "Jumlah pengguna sosial media di Indonesia berada di posisi keempat setelah Amerika, India dan Tiongkok."
-
Akun komedi laris manis di Instagram Akun komedi kini jadi salah satu akun paling diminati oleh pengguna Instagram di Indonesia.
-
Indonesia masih menjadi 'primadona' bagi pasar smartphone Wiko Mobile: "Pengguna media sosial terbesar di dunia masih banyak berasal dari Indonesia, bahkan mengalahkan Singapura"
Secara umum, berikut ini 6 tren Instagram di Indonesia seperti dikutip oleh CampaignAsia.com (09/06/2015):
Video berdurasi pendek
Tidak sedikit pengguna Instagram di tanah air yang ternyata tidak hanya menggunakan Instagram sebagai media berbagi foto. Melainkan, Instagram juga dimanfaatkan sebagai media untuk berbagi video berdurasi pendek (sekitar 15 detik).
Menariknya, video berdurasi pendek yang diunggah bukan berasal dari kalangan masyarakat umum saja. Politikus dan artis tanah air pun ikut meramaikan Instagram dengan mengunggah berbagai video koleksinya dengan berbagai tujuan.
Konten humor atau komedi
Berbagi konten yang mengandung unsur komedi atau humor adalah salah satu tren Instagram lainnya yang populer di Indonesia. Tak peduli konten humor tersebut berupa gambar meme atau foto hasil edit yang didapat dari internet maupun konten hasil buatan sendiri, pengguna Instagram di Indonesia akan selalu menyukainya.
Adapun konten humor tersebut juga sangatlah beragam. Mulai dari tema tentang pertemenan, percintaan, persahabatan, kehidupan, dan masih banyak lagi. Menariknya, akun Instagram yang khusus dibuat untuk berbagi konten humor atau komedi (bukan personal) rata-rata juga memiliki jumlah follower yang tidak sedikit.
Karya foto aneka makanan
Berbagi karya foto makanan di Instagram adalah tren lain di Indonesia yang selalu digemari. Secara umum, makanan khas Indonesia adalah yang paling difavoritkan. Kendati begitu, foto makanan yang terlihat bersih dan enak, serta memiliki penampilan (plating) yang baik juga akan difavoritkan.
Kegiatan komunitas Instagram
Mengabadikan berbagai kegiatan komunitas baik melalui foto (selfie) maupun video berdurasi pendek ternyata juga sangat diminati oleh pengguna Instagram di Indonesia. Sebagai salah satu contohnya, seperti tampak pada gambar di atas, World Wide Instameet bahkan telah diikui oleh lebih dari 1.000 orang.
Konten kreatif pelaku UKM
Berkembangnya pelaku UKM di Indonesia melalui bisnis online juga ternyata berbanding lurus dengan tren Instagram di tanah air. Pasalnya, tidak sedikit pelaku UKM di Indonesia yang memanfaatkan Instagram sebagai media untuk berinteraksi dengan pelanggannya.
Foto selfie
Sebagaimana diketahui, foto selfie dewasa ini tengah populer di berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Tidak sedikit para pengguna Instagram di tanah air seolah saling berlomba untuk menciptakan selfie terbaik miliknya (terbaik dalam arti tidak semua orang dapat memiliki foto selfie tersebut).
Namun ironisnya, obsesi tinggi untuk membuat foto selfie terbaik terkadang malah berujung malapetaka bagi beberapa orang di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.