Ini alasan banyak ponsel saat ini menawarkan dual-SIM dan eSIM

Ini alasan banyak ponsel saat ini menawarkan dual-SIM dan eSIM

Techno.id - Saat ini sudah tidak asing lagi dengan kehadiran dual SIM di satu smartphone. Inovasi ini dimunculkan untuk menjadi solusi bagi pengguna yang menggunakan dua nomor kartu SIM di dalam satu perangkat.

Lantas, apakah masuk akal untuk menggunakan ponsel dual-SIM? Apa pro dan kontranya? Nah sebelum kita mengulasnya, ada baiknya untuk mendefinisikan ponsel dual-SIM. Ponsel dual-SIM adalah handset yang dapat menerima dua kartu SIM fisik. Saat ini, banyak ponsel juga dapat bekerja dengan eSIM virtual.

Manfaat menggunakan ponsel dual-SIM, kamu dapat memiliki dua nomor telepon yang berbeda hanya dengan satu handset. Ini berarti kamu dapat memiliki nomor pribadi dan nomor yang hanya digunakan untuk pekerjaan. Beberapa orang melakukan cara ini karena berbagai alasan.

Cara ini juga cukup bagus untuk kamu yang sering bepergian khususnya ke luar negeri. Kamu dapat menggunakan SIM utama di ponsel untuk menerima panggilan internasional, dan menggunakan SIM lokal di slot lain sehingga kamu dapat memperoleh manfaat dari panggilan lokal dan kecepatan data. Dengan asumsi negara yang kamu kunjungi memiliki jaringan yang kompatibel.

Ini alasan banyak ponsel saat ini menawarkan dual-SIM dan eSIM foto: freepik/vitalii petrushenko

Bahkan jika tetap berada di Indonesia, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari memiliki banyak jaringan. Kamu dapat memiliki satu SIM dari jaringan yang bagus, atau penerimaan terbaik untuk panggilan di tempat kamu tinggal, dan yang lainnya mungkin dari penyedia dengan penawaran data selular tercepat.

Namun sebagian besar ponsel dual-SIM saat ini menghilangkan slot kartu SD. Bagi banyak orang, itu bukan masalah sama sekali, karena ponsel memiliki banyak penyimpanan.Tetapi jika kamu membutuhkan banyak penyimpanan ekstra, kamu mungkin harus memiliki ponsel dual-SIM dengan penyimpanan internal yang jauh lebih besar.

Jika kamu menggunakan kedua slot SIM, mungkin akan berpengaruh pada masa pakai baterai karena harus mengakses dua jaringan, dan mungkin beroperasi pada band yang berbeda secara bersamaan. Namun hal itu pun tergantung pada ponsel dan spesifik lalu lintas jaringan. Perlu diketahui bahwa lebih banyak daya mungkin diperlukan untuk menjalankan SIM tambahan.

Sementara ponsel dual-SIM cukup popular, ada alternatif yang lebih praktis. Saat ini banyak ponsel modern mendukung eSIM, dan dapat menggunakan eSIM dan SIM fisik secara bersamaan di banyak ponsel. Ini dimungkinkan jika ponsel kamu memiliki fitur Dual-SIM Active atau Dual SIM Dual Standby.

Jika ponsel kamu tidak memiliki eSIM selain SIM fisik, kamu dapat menggunakan VOIP (Voice Over IP App) yang dilengkapi dengan nomor telepon yang dapat dihubungi siapa saja. Ini akan menggunakan data selular di akhir panggilan, tetapi memungkinkan kamu menambahkan nomor kedua ke ponsel tanpa kartu SIM tambahan.

(brl/red)