Ini alasan iPhone 16 beralih ke kamera vertikal, sangat berguna untuk video dan foto spasial

Ini alasan iPhone 16 beralih ke kamera vertikal, sangat berguna untuk video dan foto spasial

Techno.id - Ada yang menarik saat memperhatikan tampilan iPhone 16 yang baru saja diluncurkan. Di sektor kamera belakang terjadi perubahan di mana kedua lensa sekarang posisinya sejajar secara vertikal. Berbeda dengan iPhone 15 yang memiliki susunan dua kamera secara diagonal. Apple punya alasan melakukan perubahan ini. Bukan hanya soal pilihan estetika, tetapi ada fitur yang bergantung padanya.

Kamera vertikal untuk merekam video dan foto spasial

Ini alasan iPhone 16 beralih ke kamera vertikal, sangat berguna untuk video dan foto spasial foto: apple

Video spasial adalah nama Apple untuk video stereografis, di mana dua aliran video ditangkap sekaligus untuk memberikan kesan kedalaman atau efek 3D dalam video akhir. Foto spasial sama, tetapi dengan gambar diam.

iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max adalah perangkat iPhone pertama yang mampu merekam video ini. Kini seluruh keluarga iPhone 16, termasuk model dasar, juga mampu melakukan kemampuan ini.

Nilai jual besar untuk video stereografis adalah rasa kedalaman yang dimungkinkan saat merekam video dari dua sudut yang sedikit berbeda. Dalam kasus iPhone, ini bukan hanya masalah menyinkronkan dua aliran video tetapi juga memotong dan menyesuaikan gambar yang diambil menggunakan lensa ultrawide untuk memungkinkan efeknya.

Video dan foto spasial ini bekerja dengan baik apabila ada perbedaan yang jelas antara subjek di latar depan dan latar belakang. Objek latar depan, seperti orang yang berjalan ke arah kamu, akan memiliki definisi jelas yang sama sekali tidak ada dalam video lensa tunggal tradisional.

Video spasial adalah bagian dari Apple Vision Pro

Ini alasan iPhone 16 beralih ke kamera vertikal, sangat berguna untuk video dan foto spasial foto: apple

Video spasial tampak seperti video 2D lainnya saat dilihat pada layar standar. Sementara di Apple Vision Pro, video spasial akan terlihat lebih hidup. Dengan memberi lebih banyak pemilik iPhone kemampuan untuk merekam video spasial di iPhone mereka, Apple berharap mengubah lebih banyak pemilik iPhone menjadi pemilik Apple Vision Pro.

Apple Vision Pro bukan satu-satunya headset yang dapat memutar ulang video spasial iPhone. Dengan memuat video ke aplikasi Meta iPhone, kamu dapat melihat video spasial di headset Meta Quest 2 dan Meta Quest 3.

Namun selain untuk video atau foto spasial, ada beberapa fitur menarik di iPhone 16 baru, seperti tombol Kontrol Kamera baru, tonjolan kamera yang lebih kecil, layar yang lebih cerah, dan prosesor A18 yang memungkinkan Apple Intelligence.

(brl/red)