Ini beberapa faktor yang harus diketahui untuk kebutuhan kecepatan internet yang kamu perlukan  

Ini beberapa faktor yang harus diketahui untuk kebutuhan kecepatan internet yang kamu perlukan  

Techno.id - Mengetahui berapa banyak data yang kamu butuhkan saat mencari langganan internet cukup menantang, dan sebagian besar akan bergantung pada aktivitas online yang kamu lakukan. Jadi, jika kamu bertanya-tanya berapa banyak data internet yang kamu butuhkan, berikut beberapa faktor yang perlu kamu ketahui.

Kecepatan

Ini beberapa faktor yang harus diketahui untuk kebutuhan kecepatan internet yang kamu perlukan foto: freepik/nmmobile789

Kecepatan internet yang kamu butuhkan sangat tergantung pada apa yang kamu lakukan secara online. Ada beberapa rekomendasi ambang batas yang lebih tinggi dari jumlah data yang diperlukan untuk mengatasi potensi kemacetan. Mungkin kamu memerlukan kecepatan unduh yang lebih tinggi jika ada lebih banyak orang di rumah.

Sebagai gambaran Techno.id memberikan ilustrasi antara aktivitas online dan kebutuhan data internet. Untuk tugas yang menuntut seperti streaming dan bermain game 4K, maka dibutuhkan minimal kecepatan internet 60Mb per detik.

Sementara untuk penjelajahan internet dan media sosial, setidaknya dibutuhkan kecepatan 5-10Mb per detik. Sedangkan untuk bekerja dari rumah minimal dibutuhkan 20Mb per detik. Itu pun tergantung pada berapa banyak orang yang juga bekerja dari rumah. Lantas bagaimana dengan streaming hingga 1080p atau sesuai permintaan dan langsung? Maka dibutuhkan kecepatan internet minimal 10Mb per detik atau lebih.

Megabit per detik atau gigabit per detik

Ini beberapa faktor yang harus diketahui untuk kebutuhan kecepatan internet yang kamu perlukan foto: freepik/yingyaipumi

Saat membandingkan paket internet rumah, megabit per detik biasanya bergaya sebagai Mbps atau Mb/s. Kamu mungkin juga melihatnya disebut sebagai Mbits, tetapi semuanya memiliki arti yang sama. Satu megabit adalah seperdelapan megabyte, tetapi ketika mencari paket Wi-Fi, kamu tidak perlu masuk terlalu dalam ke teknis. Yang perlu kamu ketahui adalah bahwa semakin tinggi Mb/s, semakin lengkap internet kamu untuk menangani tugas-tugas yang menuntut.

Ketika penyedia internet berbicara tentang kecepatan unduh, mereka biasanya menyebutkan jumlah megabit per detik. Namun, jika kamu tinggal di daerah dengan internet ultracepat, pengukuran kecepatan internet standar kamu mungkin sudah masuk gigabit per detikyaitu 1.000 megabit per detik. Internet gigabit sangat cepat, tetapi ketersediaannya terbatas. Ini juga bisa jauh lebih mahal daripada broadband kabel. Faktor lain, seperti kekuatan koneksi akan mempengaruhinya, tetapi biasanya ini merupakan tolok ukur yang dapat diandalkan.

(brl/red)