Ini fitur Android 15 baru yang bakal menghemat masa pakai baterai

Ini fitur Android 15 baru yang bakal menghemat masa pakai baterai

Techno.id - Android terus melakukan berbagai pengoptimalan fitur yang meningkatkan masa pakai baterai tanpa mengorbankan pengalaman pengguna. Salah satu fitur tersebut adalah Adaptive Timeout yang akan dirilis bersama Android 15 akhir tahun ini.

Adaptive Timeout (Batas Waktu Adaptif) adalah opsi batas waktu layar baru yang mematikan tampilan saat kamu tidak menggunakan ponsel. Alih-alih timer layar mati default, Adaptive Timeout secara teoritis dapat membuat tampilan menyala sesedikit yang kamu butuhkan.

Fitur Adaptive Timeout dirilis dengan pembaruan Android 15 Beta 3 baru-baru ini. Meskipun Google belum menjelaskan cara kerja Adaptive Timeout, namun fitur ini tampaknya menggunakan sensor jarak untuk melihat apakah ada sesuatu di depan layar ponsel. Dengan kata lain, jika kamu membiarkan ponsel menghadap ke bawah di atas meja atau memasukkannya ke dalam saku, Adaptive Timeout akan secara otomatis mematikan layar.

Tentu saja fitur ini akan mempertahankan layar dan baterai ponsel. Fitur ini akan meminimalkan jumlah burn-in OLED yang akan didapat layar ponsel. Ini terjadi ketika elemen tetap seperti jam dan ikon jaringan yang menghabiskan ratusan jam dalam status yang sama di layar. Jadi, dengan mematikan layar, fitur tersebut akan meminimalisir burn-in.

Ini fitur Android 15 baru yang bakal menghemat masa pakai baterai foto: google

Selain itu layar ponsel Anda adalah salah satu penguras baterai terbesar. Jadi jika kamu lupa mematikannya, kamu membuang masa pakai baterai yang berharga. Namun jika mati secara otomatis setiap kali kamu tidak menggunakan ponsel, masa pakai baterai akan meningkat.

Fitur ini juga dapat meningkatkan privasi dan keamanan jika kamu membiarkan ponsel tidak terkunci di tempat umum. Selain itu, karena fitur ini menggunakan sensor jarak, fitur ini dapat mencegah sentuhan yang tidak disengaja ketika kamu lupa mematikan layar sebelum meletakkan ponsel di saku.

Cara mengaktifkan Adaptive Timeout

Ini fitur Android 15 baru yang bakal menghemat masa pakai baterai foto: freepik/android.com

Kamu memerlukan Android 15 untuk mengaktifkan Adaptive Timeout, yang berarti kamu dapat menunggu rilis resmi atau menginstal Android 15 Beta jika ponsel kamu memenuhi syarat. Setelah kamu memiliki versi Beta, buka Pengaturan > Tampilan > Adaptive Timeout (Batas Waktu Layar) dan aktifkan Batas Waktu Adaptif. Kamu juga direkomendasikan untuk mengaktifkan Screen Attention karena akan membuat tampilan tetap menyala saat kamu melihatnya. Menariknya, ada juga aplikasi pihak ketiga bernama KinScreen yang memberi kamu fitur batas waktu layar seperti Adaptive Timeout.

(brl/red)