Ini pembaruan fitur yang diumumkan Apple di acara WWDC 2024, Apple Intelligence jadi sorotan

Ini pembaruan fitur yang diumumkan Apple di acara WWDC 2024, Apple Intelligence jadi sorotan

Techno.id - Acara tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 Apple yang sangat ditunggu-tunggu yang digelar sejak 10-14 Juni 2024 akhirnya memperkenalkan beberapa perubahan paling signifikan di seluruh sistem operasi selular dan desktopnya dalam waktu yang lama. Dari sekian banyak perubahan, pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) yang disebut Apple Intelligence menjadi perhatian. Ini akan mendukung asisten suara Siri yang ditingkatkan dan fitur AI di seluruh iPhone, Mac, dan iPhone, dengan beberapa integrasi pihak ketiga. Berikut beberapa pembaruan yang diumumkan di WWDC 2024.

1. Apple AI

Ini pembaruan fitur yang diumumkan Apple di acara WWDC 2024, Apple Intelligence jadi sorotan foto: apple

Kecerdasan buatan (AI) adalah hal popular di tahun 2024 terutama dilakukan Google dan Samsung. Sekarang Apple juga ikut serta. Meskipun iPhone sudah memiliki beberapa fitur AI tersembunyi, rangkaian kemampuan AI yang sama sekali baru, yang dijuluki Apple Intelligence, bakal hadir di perangkat Apple pengguna.

Fitur-fitur ini mencakup alat untuk membantu kamu menulis dengan lebih baik, Siri yang lebih memahami konteks, dan banyak lagi. Apple juga telah memperkenalkan model generasi gambar baru yang dapat membuat gambar AI dari prompt dan berintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, Apple memperkenalkan Genmojis, menggunakan teknologi yang sama untuk membuat emoji baru yang unik. Siri juga menerima pembaruan besar. Kamu akan dapat meminta Siri melakukan tugas dalam aplikasi.

Siri yang didukung AI dapat memahami apa yang terjadi di layar, memahami konteksnya, dan mengambil tindakan berdasarkan permintaan. Siri akan berintegrasi dengan model GPT 4o OpenAI untuk permintaan tertentu dengan alat tulis baru.

Apa yang lebih mengesankan daripada hasil yang dipamerkan Apple di acara tersebut adalah bahwa sebagian besar pemrosesan untuk fitur ini terjadi di perangkat. Artinya data pengguna tidak pernah meninggalkan iPhone. Untuk contoh yang membutuhkan lebih banyak daya, Apple menggunakan servernya sendiri untuk pemrosesan, memastikan data kamu hanya digunakan untuk permintaan dan tidak pernah disimpan di cloud.

Sayangnya, fitur AI baru memerlukan iPad atau Mac dengan chip M1 atau versi lebih baru. Sedangkan untuk iPhone, Apple Intelligence hanya berfungsi di iPhone 15 Pro atau versi lebih baru. Tentu ini cukup mengecewakan mengingat Samsung menghadirkan fitur Galaxy AI-nya ke ponsel lawas.

2. iOS 18

Ini pembaruan fitur yang diumumkan Apple di acara WWDC 2024, Apple Intelligence jadi sorotan foto: appleinsider

Selain Apple Intelligence, iOS mendapatkan penyegaran visual dengan opsi penyesuaian yang sama sekali baru. iOS 18 memungkinkan pengguna menempatkan ikon aplikasi di mana pun mereka inginkan di kisi dan mewarnai ikon aplikasi dan widget dengan warna berbeda.

Apple juga telah mendesain ulang Pusat Kontrol. Di iOS 18, kamu dapat menyesuaikan dan bahkan mengubah ukuran kontrol di dalam Pusat Kontrol itu sendiri. Ada halaman terpisah untuk grup kontrol yang berbeda, seperti pemutaran media dan kontrol Beranda. Kamu juga tidak lagi terbatas hanya pada Senter dan Kamera untuk kontrol Layar Kunci. Kamu dapat mengubahnya menjadi apa pun yang disuka.

Terakhir, iOS 18 memungkinkan kamu mengunci aplikasi dan bahkan menambahkannya ke folder tersembunyi di Perpustakaan Aplikasi. Ada beberapa peningkatan pada banyak aplikasi pihak pertama Apple seperti aplikasi Foto yang telah didesain ulang secara lengkap.

3. iPadOS 18

Ini pembaruan fitur yang diumumkan Apple di acara WWDC 2024, Apple Intelligence jadi sorotan foto: apple

Jika kamu menggunakan Apple Pencil secara rutin, iPadOS 18 akan meningkatkan pengalaman lebih jauh. Fitur Smart Script yang baru meningkatkan keterbacaan tulisan tangan, dan kamu mendapatkan lebih banyak kontrol, seperti kemampuan untuk menyisipkan teks di antara kata-kata atau menempelkan teks yang diketik dalam bentuk tulisan tangan kamu.

Pengguna iPad akhirnya akan mendapatkan aplikasi Kalkulator dengan iPadOS 18. Kamu dapat langsung mencoret-coret persamaan menggunakan Apple Pencil, menetapkan variabel, menyelesaikan persamaan, dan bahkan memplot grafik secara real-time di dalam aplikasi Notes.

Selain fitur khusus iPad, iPadOS 18 akan mendapatkan semua perubahan visual dan penyesuaian yang ditawarkan iOS 18. Apple juga telah memperkenalkan aplikasi Kata Sandi mandiri untuk iOS, iPadOS, dan macOS, jadi kamu tidak perlu lagi membuka aplikasi Pengaturan.

4. macOS Sequoia

Ini pembaruan fitur yang diumumkan Apple di acara WWDC 2024, Apple Intelligence jadi sorotan foto: youtube/apple

Tambahan baru pada daftar fitur Kontinuitas yang terus bertambah adalah Pencerminan (mirroring) iPhone. Ini memungkinkan pengguna tidak hanya mencerminkan iPhone ke Mac, tetapi juga mengontrolnya menggunakan keyboard dan trackpad.

Jika kamu adalah tipe orang yang tidak suka terus-menerus berpindah antar perangkat saat bekerja, ini jelas merupakan pengubah permainan. Kamu sekarang bahkan dapat menerima notifikasi iPhone di Mac, memungkinkan kamu untuk tetap fokus pada satu perangkat dalam satu waktu.

Pemasangan tiles jendela di Mac jelas merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan, tetapi sekarang kamu dapat menyeret jendela ke tepi untuk memasangnya, seperti di PC Windows. Ada juga beberapa fitur seperti kemampuan untuk mengubah latar belakang video di semua aplikasi panggilan video.

(brl/red)