Ini penjelasan kecepatan pengisian daya baterai iPhone

Ini penjelasan kecepatan pengisian daya baterai iPhone

Techno.id - Banyak produsen smartphone yang menawarkan beragam fitur menarik seperti prosesor yang lebih cepat atau kamera yang lebih tajam. Dari sekian banyak fitur yang ada, pengisian daya cepat (fast charging) juga menjadi salah satu sorotan.

Maklum, baterai smartphone sampai saat ini masih sering menjadi masalah yang dialami para pengguna. Nah untuk urusan pengisian daya cepat, Apple sedikit tertinggal dibanding para pesaingnya. Jadi, seberapa cepat kamu bisa mengharapkan untuk mengisi daya jajaran iPhone saat ini, sebenarnya?

Pengisian daya iPhone

Ini penjelasan kecepatan pengisian daya baterai iPhone foto: freepik/user16766420

Apple tidak selalu membagikan spesifikasi dalam hal durasi. Dalam panduan pengisian cepatnya, Apple mencatat bahwa pengguna bisa mendapatkan daya iPhone terisi hingga 50% dalam waktu sekitar 30 menit menggunakan pengisi daya USB-C. Tetapi iPhone memiliki ukuran baterai dan kemampuan pengisian daya yang bervariasi. Pengisi daya 18W yang digunakan untuk iPhone 8 tentu saja tidak akan memberikan kapasitas yang sama pada iPhone 16 Pro.

Biasanya, semakin tinggi watt yang digunakan iPhone, semakin cepat pengisian dayanya. Pengguna juga dimungkinkan untuk mengisi daya dengan aksesori di bawah spesifikasi iPhone, tetapi prosesnya akan terasa lebih lambat dan terkadang tidak praktis.

Perhatikan juga bahwa ada spesifikasi terpisah untuk pengisian daya kabel (USB-C/Lightning) dan nirkabel (MagSafe/Qi). Opsi pertama hampir selalu lebih cepat, terutama pada iPhone lama.

Kecepatan pengisian daya iPhone

Ini penjelasan kecepatan pengisian daya baterai iPhone foto: apple

Inilah kecepatan pengisian daya iPhone yang dijual per Oktober 2024.

1. iPhone 16 dan 16 Plus

Pengisian daya 50% dalam 30 menit menggunakan adaptor USB-C 20W, atau adaptor 25W+ yang dipasangkan dengan Pengisi Daya MagSafe; Nirkabel Qi hingga 7.5W, Qi2 hingga 15W.

2. iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max

Pengisian daya 50% dalam 30 menit menggunakan adaptor USB-C 20W, atau adaptor 25W+ yang dipasangkan dengan Pengisi Daya MagSafe resmi; Nirkabel Qi hingga 7.5W, Qi2 hingga 15W.

3. iPhone 15 dan 15 Plus

Pengisian daya 50% dalam 30 menit menggunakan adaptor USB-C 20W, Pengisian daya MagSafe atau Qi2 15W, 7.5W dengan Qi.

4. iPhone 14 dan 14 Plus

Pengisian daya 50% dalam 30 menit menggunakan adaptor USB-C 20W, Pengisian daya MagSafe 15W, 7,5W dengan Qi.

5. iPhone SE (2022)

Pengisian daya 50% dalam 30 menit menggunakan adaptor USB-C 20W, Pengisian nirkabel Qi tersedia (mungkin 7.5W).

Seperti yang terlihat, kamu harus dapat mengisi penuh iPhone terbaru dalam satu jam atau kurang dengan adaptor USB-C 20W resmi Apple. Namun, kamu harus membelinya secara terpisah, atau beralih ke salah satu dari banyak adaptor pihak ketiga di pasaran. Satu-satunya hal yang disertakan Apple di dalam kotak adalah kabel USB-C. Dalam kasus jajaran iPhone 14 dan SE, itu secara khusus adalah kabel USB-C-ke-Lightning.

(brl/red)