Ini penjelasan mengapa pengisian daya smartphone jauh lebih lambat saat baterai hampir penuh

Ini penjelasan mengapa pengisian daya smartphone jauh lebih lambat saat baterai hampir penuh

Penjelasan pengisian baterai melambat saat hampir penuh

Dampak pada pengisian daya cepat

Ini penjelasan mengapa pengisian daya smartphone jauh lebih lambat saat baterai hampir penuh foto: freepik/vitalii_petrushenko

Kamu mungkin telah memerhatikan bahwa beberapa produsen ponsel pintar mengiklankan pengisian daya cepat yang dapat mengisi daya perangkat hingga 50% atau 80% dalam waktu singkat. Ini karena pengisian daya cepat bersyarat. Jika tingkat baterai sudah tinggi, pengisian cepat tidak akan memberikan banyak peningkatan.

Pengisian daya cepat hanya dapat digunakan selama periode pengaturan arus konstan pengisian daya. Setelah mencapai mode pengaturan tegangan konstan atau kapasitas baterai sekitar 80% atau lebih tinggi, perlindungan akan dilakukan untuk melindungi sel dari kerusakan.

Mengisi daya baterai secara berlebihan adalah ide yang buruk. Sebab cara ini dapat menyebabkan kerusakan yang mempengaruhi kemampuan baterai untuk menahan daya, tetapi yang terburuk akan menyebabkan baterai menjadi semakin panas yang dapat menyebabkan kerusakan fisik. Untungnya, smartphone modern mengatur proses pengisian daya untuk mencegah hal ini terjadi.

Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan baterai. Jangan mengosongkan daya baterai secara penuh. Kamu harus menghindari membiarkan baterai ponsel turun di bawah 40% atau mengisi daya lebih dari 80% untuk kesehatan terbaik.

(brl/red)