Ini yang perlu kamu ketahui mengenai fitur Genmoji baru di iOS 18

Ini yang perlu kamu ketahui mengenai fitur Genmoji baru di iOS 18

Techno.id - Saat pengumuman iOS 18, Apple menawarkan fitur dengan kemampuan AI seperti teks generatif, ringkasan notifikasi, serta Siri yang diatur untuk mengakses perangkat Apple yang lebih baru sebagai bagian dari program Apple Intelligence.

Selain itu ada juga Image Playground yang memungkinkan pengguna menghasilkan gambar dengan menggunakan perintah teks. Nah dari berbagai fitur berbasis AI di IOS 18, Genmoji menjadi salah satu fitur fitur menarik lainnya yang memanfaatkan AI generatif untuk menghasilkan emoji khusus yang dapat kamu gunakan dalam percakapan atau sebagai stiker.

Genmoji menjanjikan pengalaman yang lebih personal saat berkomunikasi dengan teman atau keluarga. Tetapi bagaimana tepatnya fitur ini bekerja? Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Genmoji, dan apakah perangkat kamu mendukung alat AI baru.

Apa itu Genmoji?

Ini yang perlu kamu ketahui mengenai fitur Genmoji baru di iOS 18 foto: apple

Apple pertama kali memperkenalkan Animoji di iPhone X pada tahun 2017. Fitur ini menggunakan kluster kamera dan sensor Face ID untuk menganalisis gerakan otot wajah pengguna dan mencocokkannya dengan karakter emoji 3D. Apple kemudian merilis fitur yang lebih pribadi yakni Memoji pada iOS 12, yang memungkinkan pengguna membuat avatar animasi mereka sendiri.

Genmoji menambah pengalaman ini dan memungkinkan cara yang lebih kreatif untuk melakukan percakapan di iPhone, iPad, atau MacBook. Fitur ini memungkinkan kamu mendeskripsikan emoji khusus menggunakan perintah teks untuk digunakan dalam pesan teks atau sebagai stiker. Seperti Image Playground, kamu dapat membuat Genmoji orang dari daftar kontak.

Genmoji apa pun yang kamu buat kemudian tersedia untuk digunakan di masa mendatang di papan ketik emoji di perangkat Apple kamu dan dapat disalin serta ditempel seperti teks biasa. Karena ini memerlukan dukungan pada perangkat AI, hanya iPhone yang kompatibel dengan iOS 18 yang mendukung Apple Intelligence akan dapat menghasilkan Genmoji yaitu, iPhone 15 Pro dan Pro Max, dan seri iPhone 16 terbaru. MacBook dan iPad dengan chip seri M Apple juga kompatibel dengan Apple Intelligence.

Cara kerja Genmoji

Ini yang perlu kamu ketahui mengenai fitur Genmoji baru di iOS 18 foto: apple

Karena emoji didasarkan pada standar Unicode, dan bagaimana tampilannya tergantung pada perangkat tampilan, keberadaan fitur seperti Genmoji mungkin tampak sedikit membingungkan. Genmoji pada dasarnya adalah gambar yang dipersonalisasi, tetapi yang sesuai dengan prinsip pemformatan teks. Inilah yang membuatnya mudah digunakan seperti emoji biasa, karena Genmoji dapat disisipkan sebaris dengan teks, dan mengubah dimensinya berdasarkan ukuran font.

Semua ini dimungkinkan berkat API NSAdaptiveImageGlyph, yang menampung gambar sebagai objek data yang dapat disesuaikan dengan berbagai resolusi. Artinya, aplikasi apa pun yang mendukung format Rich Text Format untuk perpesanan atau input teks akan dapat menampilkan Genmoji.

Untuk perangkat atau aplikasi yang tidak mendukung pemformatan Rich Text, Genmoji dapat menggunakan karakteristik metadatanya untuk mengirim deskripsi tekstual dari emoji khusus.

(brl/red)