Inilah daftar perangkat Samsung Galaxy yang bakal mendapatkan One UI 7

Inilah daftar perangkat Samsung Galaxy yang bakal mendapatkan One UI 7

Techno.id - Google mengumumkan Android 15 pada Februari lalu, penuh dengan fitur dan perubahan baru. Akhir tahun ini, dikabarkan OS tersebut bakal hadir di ponsel dan tablet Samsung Galaxy. Samsung akan memulai pengujian beta Android 15 (One UI 7) musim panas ini.

Saat ini, Android 15 beta tersedia di beragam ponsel Pixel, dan produsen lain seperti Samsung akan bergabung sesaat sebelum rilis resminya akhir tahun ini. Ponsel Galaxy pertama yang menerima Android 15 (One UI 7) kemungkinan besar adalah seri Galaxy S24, dengan lebih banyak lagi yang akan menyusul.

Samsung akan merilis Android 15

Inilah daftar perangkat Samsung Galaxy yang bakal mendapatkan One UI 7 foto: freepik/wwwslonpics

Sebelum Samsung secara resmi merilis pembaruan One UI 7 (Android 15) untuk ponsel dan tablet Galaxy-nya, pemilik di wilayah tertentu dengan model tertentu dapat menguji perangkat lunak secara beta lebih awal.

Saat ini Samsung sedang menguji versi beta tersebut secara internal, tetapi belum siap untuk publik. Jika tahun ini mengikuti rilis sebelumnya, maka Android 15 beta pertama tiba sekitar Juli atau Agustus untuk Galaxy S24, sama seperti dengan Android 14, tahun lalu untuk Galaxy S23.

Setelah putaran awal pertama rilis beta Galaxy One UI 7, perlahan-lahan akan tersedia untuk lebih banyak ponsel, seperti seri Galaxy S23 dan S22, Galaxy Z Fold dan Flip 5, dan lainnya. Misalnya, tahun lalu, S23 memulai segalanya pada Agustus, kemudian Galaxy S22 beta dihentikan pada September, dan seterusnya.

Jadi, kapan beta akan berakhir dan Samsung secara resmi merilis Android 15 (One UI 7) untuk ponsel dan tabletnya? Sekali lagi, masih terlalu dini untuk mengatakan dengan pasti, tetapi berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, sangat mungkin pembaruan pertama akan diluncurkan pada akhir Oktober atau awal November, dimulai dengan Galaxy S24. Samsung adalah salah satu yang terbaik dalam pembaruan, tetapi juga memiliki banyak ponsel, jadi mereka yang memiliki perangkat lama seperti Galaxy S21 Ultra mungkin akan menunggu hingga awal 2025.

Ini yang diharapkan dari One UI 7

Pembaruan One UI 7, berbasis Android 15, akan menawarkan kombinasi fitur baru dari Google dan perubahan yang tak terhitung jumlahnya oleh tim pengembang di Samsung. Pengguna akan tahu lebih banyak saat beta pertama tiba, tetapi ada beberapa fitur yang sangat diharapkan pengguna.

Sebagai permulaan, sekarang Android 15 mendukung konektivitas satelit untuk keadaan darurat, Samsung dapat menghadirkan fitur tersebut ke Galaxy S24 andalannya dan berpotensi lebih banyak lagi.

Selain itu ada juga fitur cari mode kesehatan baterai baru Android 15, fitur ruang pribadi Google (meskipun Samsung memiliki Folder Aman), Pengarsipan aplikasi, peningkatan multitasking, dan integrasi dengan Jaringan Temukan Perangkat Saya Google.

Perubahan kualitas hidup lainnya yang mungkin terjadi adalah sistem Cooldown Notifikasi baru di Android 15 dan berbagi layar sebagian, di mana pemilik dapat merekam sebagian layar tetapi tidak semuanya, banyak peningkatan keamanan dan perlindungan anti-pencurian, dukungan kunci sandi yang lebih baik, dan banyak lagi. Kemudian fitur AI Galaxy akan mendapat tambahan, alat AI, atau penyempurnaan AI secara keseluruhan.

Daftar ponsel Samsung Galaxy yang akan mendapatkan Android 15

Inilah daftar perangkat Samsung Galaxy yang bakal mendapatkan One UI 7 foto: samsung

Samsung belum siap membagikan daftar ponsel dan tablet yang akan menerima pembaruan Android 15. Namun, akan dimulai dengan seri Galaxy S24 andalan terbarunya, kemungkinan pada Oktober atau November, kemudian perlahan-lahan berkembang ke keluarga Galaxy Z Fold/Flip 5/6, Galaxy S23, S22, A-series, tablet, dan banyak lagi.

Samsung mendukung ponsel yang dirilis selama beberapa tahun terakhir dengan pembaruan OS selama empat tahun dan patch keamanan selama lima tahun. Misalnya, seri Galaxy S21 harus mendapatkan Android 15, tetapi bukan Android 16. Seri Galaxy S20 tidak akan mendapatkan Android 15 dan One UI 7. Namun, Samsung memperpanjang dukungan hingga 7 tahun untuk Galaxy S24.

Berikut adalah daftar perangkat Galaxy yang belum dikonfirmasi yang akan mendapatkan Android 15 dan One UI 7.

Ponsel Galaxy

1. Semua model Galaxy S24 terlebih dahulu (kemungkinan awal November).

2. Galaxy S21, S21+, S21 Ultra, S21 FE (Januari 2025).

3. Galaxy S22, S22+, S22 Ultra, S22 FE (Desember 2024).

4. Galaxy S23, S23+, S23 Ultra, S23 FE (November atau awal Desember)

5. Galaxy Fold 5, Flip 5 (dan seri 6 saat tiba).

6. Galaxy Fold/Flip 4, Galaxy Fold/Flip 3 (November atau Desember).

7. Galaxy A14, M14, F14, A15, M15, F15.

8. Galaksi A23, A24, M55, M23, A73, F54, dan lain sebagainya.

Ketahuilah bahwa jika kamu memiliki ponsel Samsung Galaxy yang dirilis dalam 2-3 tahun terakhir, kemungkinan besar akan melihat Android 15 (One UI 7) antara Oktober dan beberapa bulan pertama tahun 2025.

Galaxy Tab Android 15

1. Galaxy Tab S8, S8+, S8 Ultra (Desember atau Januari 2025).

2. Galaxy Tab S9, S9+, S9 Ultra (November atau Desember).

3. Galaxy Tab S9 FE dan FE+ (November atau Desember).

4. Galaxy Tab A9+, dan lain sebagainya.

Tentu saja, Samsung pada akhirnya akan memperbarui beberapa perangkat Galaxy Tab ke One UI 7, bahkan tablet murah, tetapi jajaran ponselnya biasanya diprioritaskan. Galaxy Tab S7 yang lebih lama tidak lagi menerima rilis Android, tetapi apa pun yang lebih baru harus mendapatkan Android 15.

Intinya, ponsel atau tablet Samsung Galaxy apa pun yang diluncurkan dengan menjalankan Android 13 atau dirilis pada akhir 2022 atau yang lebih baru harus mendapatkan Android 15, minimal.

Ingatlah bahwa daftar di atas hanyalah perkiraan, begitu pula potensi beta dan tanggal rilis publik dari Agustus hingga Oktober. Samsung kemungkinan akan merilis daftar perangkat atau memperbarui forum komunitasnya musim panas ini dengan informasi lebih lanjut tentang versi beta.

Kemudian, setelah Google merilis Android 15 (sekitar Agustus atau September), pengguna akan mendengar kabar dari Samsung lagi. Meskipun demikian, jadwal dan pembaruan perangkat lunak dapat dan akan berubah, terutama antar wilayah, perangkat yang dikunci operator, dan faktor lainnya.

(brl/red)