iOS 18 Apple akhirnya resmi dirilis, ini alasan kamu harus memperbarui iPhone sekarang

iOS 18 Apple akhirnya resmi dirilis, ini alasan kamu harus memperbarui iPhone sekarang

Techno.id - Apple akhirnya merilis perangkat lunak iOS 18 dan sekarang tersedia untuk diunduh. Kamu tidak perlu memiliki iPhone 16 atau iPhone 16 Pro untuk menjalankannya. Faktanya, iOS 18 juga kompatibel dengan model iPhone yang dirilis tahun 2018, termasuk model iPhone Xr dan Xs, serta iPhone SE generasi ke-2. Total ada 27 model iPhone yang masih didukung. Namun, jika kamu memiliki iPhone 8 atau iPhone X, maka tidak akan dapat memperbarui.

Beberapa pengguna berhati-hati untuk memperbarui perangkat lunak mereka terlalu dini, alasannya karena risiko masalah kompatibilitas. Namun buat kamu yang tidak sabar dengan sistem operasi baru ini, berikut alasan mengapa kamu harus memperbaruinya.

Memperbarui ke iOS 18

iOS 18 Apple akhirnya resmi dirilis, ini alasan kamu harus memperbarui iPhone sekarang foto: tangkapan layar

Proses memperbarui iPhone sangat mudah. Jika kamu sudah memilih pembaruan otomatis, mungkin sudah mendapatkan pemberitahuan bahwa iOS 18 tersedia untuk diunduh. Jika kamu mengabaikan pemberitahuan ini, maka kamu akan mencoba dan memperbarui ponsel semalaman setelah ponsel dicolokkan dan daya di atas 50%.

Jika belum mendapatkan pemberitahuan, kamu masih dapat melakukan prosesnya secara manual. Pertama buka ikon Pengaturan dan pilih Umum. Kemudian pilih opsi Pembaruan Perangkat Lunak. Ponsel kamu kemudian akan melakukan pemeriksaan cepat untuk pembaruan yang tersedia dan iOS 18 akan muncul sebagai opsi.

Kamu kemudian dapat memilih untuk segera memperbarui atau menjadwalkan pembaruan saat malam. Ini adalah opsi yang berguna jika kamu tidak menggunakan Wi-Fi, karena pembaruannya lebih dari 7GB untuk diunduh. Tunggu setidaknya 10-15 menit untuk pembaruan.

Selalu ada baiknya mencadangkan ponsel, baik ke iCloud atau komputer sebelum menginstal pembaruan apa pun. Kamu mungkin menemukan bahwa perlu masuk kembali ke beberapa aplikasi setelah pembaruan, jadi pastikan kamu juga mengetahui kata sandi. Plus, ini tersedia di semua perangkat Apple, serta browser PC apa pun melalui iCloud.

Alasan untuk memperbarui ke iOS 18

iOS 18 Apple akhirnya resmi dirilis, ini alasan kamu harus memperbarui iPhone sekarang foto:apple

iOS 18 memberi kamu lebih banyak kontrol atas tampilan layar beranda dari versi sebelumnya. Kamu dapat mengubah ukuran widget, mengubah warnanya, dan menempatkannya di mana saja. Kamu tidak lagi terikat pada kisi penuh ikon, sebagai gantinya kamu dapat mengaturnya untuk mengungkapkan potongan-potongan gambar latar belakang atau hanya membuat pola. Ikon secara otomatis bertukar antara mode terang dan gelap di iOS 18, tetapi kamu juga dapat memilih satu nada warna untuk semua ikon, menggunakan pemilih warna.

Salah satu perubahan terbesar adalah pusat kendali, diakses dengan menggesek ke bawah dari kanan atas layar. Ini sekarang memiliki lebih banyak opsi, termasuk kontrol pemutaran audio, kontrol rumah pintar, dan konektivitas. Selain itu, kamu dapat menyesuaikan apa yang ada di layar kontrol pertama, dengan berbagai opsi dari berbagai aplikasi.

(brl/red)