Lawan aksi kejahatan online, Telkomsel kampanyekan gerakan #BersatuKitaLapor
Techno.id - Masalah penipuan online kini semakin marak terjadi. Kejahatan online ini pun tidak sedikit memakan korban. Karena itu kamu sebagai pengguna mesti waspada terhadap data-data pribadi di perangkat digital.
Nah untuk mengatasi masalah ini, sekaligus mempertegas komitmen dalam menerapkan prinsip ESG berkelajutan, Telkomsel menghadirkan inisiatif Telkomsel Jaga Data. Melalui inisiatif ini Telkomsel mengajak masyarakat secara aktif melaporkan indikasi penipuan online yang marak terjadi melalui gerakan #BersatuKitaLapor.
-
Dapat SMS penipuan berkedok Telkomsel? Ini cara mengatasinya Waspadai segala SMS yang mengatas namakan Telkomsel, khususnya jika diminta membayar sejumlah uang atau mengunjungi situs tertentu
-
Pemerintah siap basmi penipuan lewat telepon seluler, ini strateginya 15 Desember mendatang, akan dilakukan registrasi pelanggan kartu prabayarnya di seluruh Indonesia.
-
Begini respons tegas Telkomsel terkait illegal access data pelanggan Telkomsel menjamin dan memastikan data pelanggan tetap aman
Masyarakat dapat membuat laporan atas berbagai modus penipuan online yang dialami, baik penipuan melalui telepon, Short Message Service (SMS), ataupun aplikasi chatting. Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono menjelaskan, data Kominfo mencatat selama periode Agustus 2018 hingga Februari 2023 terdapat 1.730 konten penipuan online dalam kurun waktu lima tahun.
foto: telkomsel
Oleh karena itu, setiap individu harus aktif melindungi informasi pribadinya, karena perlindungan data pribadi merupakan tanggung jawab bersama.
Melalui gerakan #BersatuKitaLapor, Telkomsel tidak sebatas mengedukasi, tetapi mendorong dan mengajak aksi nyata dari seluruh pelanggan dan masyarakat menjadi bagian dari solusi dan melaporkan segala bentuk penipuan online yang di alami.
Telkomsel juga menyediakan berbagai kanal layanan bagi pelanggan yang ingin mendapatkan informasi ataupun melaporkan potensi penipuan online yang mengatasnamakan Telkomsel. Pelanggan dapat menghubungi layanan Call Center 24 jam di nomor kontak 188, mengirimkan SMS pengaduan ke 1166 dengan format: PENIPUAN#NOMOR PENIPU#ISI SMS PENIPUAN, email dan mendatangi gerai GraPARI terdekat.
foto: telkomsel
Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses kanal layanan Pemerintah melalui situs resmi https://www.aduannomor.id dari Kementerian Kominfo RI untuk aduan penyalahgunaan nomor seluler untuk penipuan.
Telkomsel juga menghimbau kepada seluruh pelanggan untuk senantiasa waspada dalam menjaga keamanan data diri dan dapat melaporkan segala bentuk penipuan online yang mereka terima, tidak memberikan kode OTP, PIN, Password, ataupun informasi lainnya kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan mengatasnamakan operator selular.
RECOMMENDED ARTICLE
- 3 Tips keamanan digital dan finansial bagi perempuan agar tak jadi korban penipuan keuangan
- Begini cara scammers menggunakan deteksi wajah kamu untuk melakukan aksi penipuan, waspadalah!
- Kenali cara kerja Quishing, kejahatan digital yang memanfaatkan pemindaian kode QR
- Cara aman menggunakan Wi-Fi di tempat umum, waspada dengan jaringan gratis tanpa kata sandi
- 8 Indikasi akun WhatsApp kamu telah diretas, begini cara mengatasi dan mengamankannya