Mengenal Bluesky yang digadang-gadang menjadi penantang Twitter di masa depan

Mengenal Bluesky yang digadang-gadang menjadi penantang Twitter di masa depan

-

Lahir dari Twitter

Mengenal Bluesky yang digadang-gadang menjadi penantang Twitter di masa depan foto: blueskyweb.xyz

Jadi awalnya pada Desember 2019, Twitter mengumumkan bahwa mereka mendanai sebuah tim independen untuk mengerjakan standar media sosial yang terbuka dan terdesentralisasi. Pendiri Twitter, Jack Dorsey, sebenarnya mengungkapkan keinginan agar Twitter pada akhirnya menjadi klien (pengguna) dari standar yang sedang dikerjakan Bluesky.

Lalu pada Agustus 2021, diumumkan bahwa Jay Graber, yang sebelumnya adalah pengembang Zcash, akan memimpin tim Bluesky dan inisiatifnya ke depan. Namun pada Februari 2022, Bluesky menjadi organisasi yang sepenuhnya independen setelah pembentukan Public Benefit LLC. Kamudian pada Oktober 2022, aplikasi Bluesky diumumkan dengan daftar tunggu yang menerima sekitar 30.000 pendaftaran dalam dua hari. Pada Februari 2023, aplikasi Bluesky dirilis dalam versi beta di Apple App Store

Awalnya tersedia untuk diunduh hanya dengan undangan, ada sekitar 2.000 pengguna pada akhir Februari 2023. Meskipun masih dalam versi beta (fase pengujian untuk perangkat lunak, video game, dan aplikasi sebelum dirilis secara penuh), Bluesky sebagai sebuah aplikasi tampaknya sebagian besar dimodelkan pada Twitter itu sendiri.

Meskipun pada dasarnya merupakan saingan dari Twitter dan alternatif Twitter, reaksi awal dari beberapa orang adalah aplikasi ini terasa terlalu mirip, dengan fitur-fitur seperti komentar, suka, dan repost (seperti retweet Twitter). Ini termasuk bagaimana postingan, balasan, dan feed ini disajikan secara visual kepada pengguna Bluesky. Meskipun ada beberapa perbedaan, sebagian besar perbedaannya kecil misalnya batas karakter posting 265, bukan 280 seperti Twitter.

(brl/red)