Microsoft akan memperbaiki masalah besar penggunaan webcam dengan fitur multi aplikasi di Windows 11

Microsoft akan memperbaiki masalah besar penggunaan webcam dengan fitur multi aplikasi di Windows 11

Techno.id - Microsoft terus melakukan pembaruan pada Windows 11 termasuk soal pembatasan pada sistem operasi tersebut. Terbaru adalah pembatasan penggunaan webcam. Microsoft akan mengubah cara Windows 11 menangani akses webcam, mencabut pembatasan yang telah berlaku selama bertahun-tahun.

Saat ini, hanya satu aplikasi pada satu waktu yang dapat menggunakan webcam. Batasan ini berakar pada kendala historis API pengambilan video dan kemampuan perangkat keras Windows. Hal ini sering menyebabkan situasi yang membuat frustrasi di mana pengguna terpaksa menutup satu aplikasi untuk menggunakan kamera di aplikasi lain.

Tentu saja kondisi tersebut sering membuat jengkel karena semakin banyak kebutuhan pengguna dalam penggunaan webcam, mulai dari rapat online hingga panggilan video. Namun, sekarang, build pratinjau Windows 11 24H2 memperkenalkan sesuatu yang disebut dukungan kamera multi-aplikasi.

Microsoft akan memperbaiki masalah besar penggunaan webcam dengan fitur multi aplikasi di Windows 11 foto: freepik/dcstudio

Dukungan ini memungkinkan beberapa aplikasi video bisa mengakses webcam secara bersamaan. Namun demikian, setiap kali pengguna melakukan ini, pengaturan kamera seperti kecerahan kemudian akan dikontrol secara terpusat dari halaman pengaturan khusus.

Ini adalah sakelar yang perlu pengguna aktifkan jika ingin menggunakan webcam di beberapa aplikasi. Penanganan audio, baru-baru ini juga diluncurkan, di mana Windows sekarang mendukung beberapa aplikasi menggunakan mikrofon dan speaker secara bersamaan.

Selain dukungan kamera multi-aplikasi, Windows 11 juga mendapatkan fitur pemecahan masalah kamera baru dan dilaporkan sedang menguji integrasi AI untuk kamera. Sayangnya, fitur-fitur ini untuk menjangkau publik masih belum jelas. Namun Microsoft menjanjikan pengalaman kamera yang lebih serbaguna dan ramah pengguna di masa depan.

Fitur ini sekarang tersedia di pratinjau Insider. Nah buat kamu yang tidak ingin berurusan dengan perangkat lunak kelas beta, harus menunggu beberapa saat lagi sampai fitur ini diluncurkan secara resmiI dalam versi final.

(brl/red)