Microsoft akhirnya menghapus batas ukuran 32GB untuk partisi FAT32 di Windows 11

Microsoft akhirnya menghapus batas ukuran 32GB untuk partisi FAT32 di Windows 11

Techno.id - Meskipun Windows 11 adalah sistem operasi modern, masih ada sisa-sisa sistem operasi lama yang dapat menahan kamu. Salah satu yang terbesaradalah partisi FAT32 yang akhirnya diperbaiki. Microsoft akhirnya menghapus batas ukuran 32GB untuk partisi FAT32 di Windows 11. Perubahan tersebut terungkap dalam posting blog yang merinci build pengujian Windows 11 Canary terbaru.

Batas 32GB telah berlaku selama hampir 30 tahun, meskipun FAT mendukung volume hingga 2TB. Batas awalnya ditetapkan selama pengembangan Windows 95, dan mantan pengembang Windows Dave Plummer mengakui itu adalah pilihan sewenang-wenang yang dibuat pada saat itu.

Penghapusan batas pada awalnya hanya akan berlaku untuk memformat disk dari baris perintah menggunakan perintah format. Kotak dialog format yang ada akan terus memiliki batas 32GB untuk saat ini, meskipun Microsoft mungkin memilih untuk mengubah juga pada akhirnya. Windows telah lama dapat membaca partisi FAT32 hingga ukuran 2TB, tetapi kamu tidak dapat benar-benar membuatnya di dalam OS tanpa alat pihak ketiga. Jadi itu bukan batasan pada sistem operasi, melainkan keputusan yang diambil karena beberapa alasan.

Sementara batas partisi diperpanjang, masih ada batas ukuran 4GB pada file individu yang disimpan pada volume FAT32. Namun, ini adalah batasan yang melekat pada sistem file FAT32, dan bukan sesuatu yang dapat dilakukan Microsoft dengan banyak. FAT32 tidak banyak digunakan sebagai alternatif seperti exFAT, tetapi masih digunakan oleh banyak perangkat lama yang memerlukan drive USB atau kartu SD yang diformat dengan FAT32.

Perubahan ini bakal hadir pada pembaruan Windows yang akan datang. Jika kamu perlu memformat drive yang lebih besar sebagai FAT32 sekarang, ada beberapa aplikasi pihak ketiga untuk memformat drive yang lebih besar sebagai FAT32.

Apa itu FAT32

Microsoft akhirnya menghapus batas ukuran 32GB untuk partisi FAT32 di Windows 11 foto: tangkapan layar

FAT32 adalah yang tertua dari tiga sistem file yang tersedia untuk Windows. Ini diperkenalkan kembali di Windows 95 untuk menggantikan sistem file FAT16 yang lebih lama yang digunakan di MS-DOS dan Windows 3. Namanya adalah kependekan dari Tabel Alokasi File 32 (File Allocation Table 32).

Usia sistem file FAT32 memiliki kelebihan dan kekurangan. Keuntungan besarnya adalah karena sudah sangat tua, FAT32 adalah standar de-facto. Flash drive yang kamu beli sering kali diformat dengan FAT32 untuk kompatibilitas maksimum tidak hanya di komputer modern, tetapi juga perangkat lain seperti konsol game dan apa pun dengan port USB.

Namun, keterbatasan datang dengan usia itu. File individual pada drive FAT32 tidak boleh berukuran lebih dari 4GB sebagai kapasitas maksimum. Partisi FAT32 juga harus kurang dari 8TB, yang diakui kurang dari batasan kecuali kamu menggunakan drive berkapasitas super tinggi.

Meskipun FAT32 baik-baik saja untuk USB flash drive dan media eksternal lainnya, kamu tidak ingin FAT32 untuk drive internal. Sebab, tidak memiliki izin dan fitur keamanan lainnya yang dibangun ke dalam sistem file NTFS yang lebih modern. Selain itu, versi modern Windows tidak dapat lagi diinstal ke drive yang diformat dengan FAT32. Tetapi harus diinstal ke drive yang diformat dengan NTFS.

Keuntungan FAT32 secara kompatibilitas, dapat bekerja dengan semua versi Windows, MacBook, Linux, konsol game, dan hampir semua hal dengan port USB. Sementara dari sisi batas, ukuran file maksimum 4GB, ukuran partisi maksimum 8TB.

Untuk penggunaan Ideal, gunakan pada drive yang dapat dilepas di mana kamu memerlukan kompatibilitas maksimum dengan berbagai perangkat, dengan asumsi kamu tidak memiliki file berukuran 4GB atau lebih besar.

(brl/red)