Microsoft memblokir trik yang memungkinkan kamu menginstal Windows 11 di PC lama yang tidak kompatibel

Microsoft memblokir trik yang memungkinkan kamu menginstal Windows 11 di PC lama yang tidak kompatibel

Techno.id - Bagi kebanyakan orang, menginstal Windows 11 sangat mudah. Selama memenuhi persyaratan perangkat keras dan kamu memiliki kunci produk yang sah, proses instalasi Windows 11 sangat mudah. Lalu bagaimana jika PC kamu tidak memenuhi persyaratan untuk Windows 11 dan kamu tidak dapat atau tidak ingin memutakhirkan Windows? Alternatif resminya adalah tetap menggunakan Windows 10.

Tetapi ada juga opsi kurang resmi yang beredar, gunakan trik populer untuk melewati pemeriksaan perangkat keras Windows 11. Cara ini memungkinkan kamu menginstal Windows 11 di mesin yang tidak kompatibel. Sayangnya, menurut salah satu Windows Insider di akun X (Twitter) @TheBobPony, Microsoft telah membuat trik ini tidak lagi layak.

Ini asalan trik lama tidak berhasil lagi

Microsoft memblokir trik yang memungkinkan kamu menginstal Windows 11 di PC lama yang tidak kompatibel foto: x/@thebobpony

Inilah cara kerja trik sebelumnya. Jika kamu menggunakan sebagai parameter peluncuran untuk file pengaturan Windows 11, itu akan memperlakukan PC sebagai server dan melewati kunci kompatibilitas perangkat keras.

Dimulai dengan Build 27686 yang baru-baru ini dirilis untuk Windows 11 Insiders, pembaruan yang sama yang meningkatkan kapasitas maksimum FAT32 dari 32GB menjadi 2TB, opsi ini dinonaktifkan. Setidaknya, itulah yang ditunjukkan Bob Pony.

Menurut informasi lebih rinci yang dia posting di balasan, trik tersebut masih berfungsi di versi langsung Windows 11 versi 24H2. Namun, di versi mendatang yang didasarkan pada build Insider, triknya mungkin tidak akan mungkin lagi.

Microsoft berulang kali memblokir solusi tersebut. Misalnya, Microsoft baru-baru ini membuatnya agar Windows 11 tidak dapat diinstal tanpa akun Microsoft.

Ini risikonya

Microsoft memblokir trik yang memungkinkan kamu menginstal Windows 11 di PC lama yang tidak kompatibel foto: freepik/rawpixel.com

Jika kamu meneruskan sistem sebagai server selama penginstalan Windows 11, kamu tidak akan lagi menerima pembaruan fitur. Selain itu, jika kamu menginstal Windows 11 pada mesin yang tidak kompatibel, kemungkinan besar kamu akan mengalami masalah ketidakstabilan saat kompatibilitas gagal.

Untuk saat ini, kamu dapat terus menjalankan Windows 10. Tetapi ketika dukungan Windows 10 berakhir pada Oktober 2025, kamu harus membuat keputusan sulit. Meningkatkan PC atau membayar Pembaruan Keamanan yang Diperpanjang untuk Windows 10.

Jika kamu memilih memperbarui laptop bekas, pertimbangkan untuk membeli laptop yang diperbarui. Manfaatnya berlimpah dan kamu akan mendapatkan mesin seperti baru dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga baru.

(brl/red)