Microsoft rencananya akan menonaktifkan kontrol ActiveX secara default di Office 2024, ini alasannya

Microsoft rencananya akan menonaktifkan kontrol ActiveX secara default di Office 2024, ini alasannya

Techno.id - Microsoft berencana menghapus atau menonaktifkan sebagian besar alat lama, tetapi beberapa orang masih menggunakannya. Microsoft Office 2024, edisi lisensi tunggal Office yang akan datang, kabarnya tidak akan memiliki kontrol ActiveX. Namun kamu dapat mengaktifkannya kembali jika membutuhkan.

Microsoft rencananya akan menonaktifkan kontrol ActiveX secara default di rangkaian Office 2024 yang akan datang. Perubahan ini akan memengaruhi aplikasi Word, Excel, PowerPoint, dan Visio. ActiveX, kerangka kerja perangkat lunak lama. Alasannya, alat tersebut menjadi salah satu sumber kerentanan keamanan yang terus-menerus, sering dieksploitasi peretas untuk mengirimkan malware.

Selain itu, ActiveX faktanya jarang digunakan pengguna. Ini juga yang menjadi alasan mengapa Microsoft memutuskan untuk menonaktifkannya. Namun, DirectX tidak dihapus sepenuhnya, jika kamu memiliki dokumen atau otomatisasi yang benar-benar membutuhkan fitur itu untuk berfungsi.

Ini hanya dinonaktifkan secara default, tetapi kamu dapat mengambil langkah-langkah untuk mengaktifkannya kembali jika membutuhkan. Langkah menonaktifkan ActiveX adalah bagian dari upaya berkelanjutan Microsoft untuk meningkatkan keamanan dalam produknya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Microsoft telah mengambil langkah-langkah untuk menonaktifkan atau membatasi fitur yang sering disalahgunakan peretas, seperti makro Excel 4.0 dan makro VBA. Selain itu, Microsoft juga baru-baru ini menghapus banyak fitur lama dari perangkat lunaknya, termasuk sistem operasi Windows Office yang juga harus dibersihkan.

Penonaktifan ActiveX akan diluncurkan secara bertahap, dimulai dengan aplikasi desktop Win32 Office pada Oktober 2024 dan diperluas ke aplikasi Microsoft 365 pada April 2025. Sementara beberapa objek ActiveX akan terus muncul sebagai gambar statis.

(brl/red)