Notebook bertenaga AI Google sekarang tersedia secara global, berbasis Gemini 1.5 Pro

Notebook bertenaga AI Google sekarang tersedia secara global, berbasis Gemini 1.5 Pro

Techno.id - Di era AI generatif baru, Google memiliki rekam jejak yang beragam. Perusahaan ini memiliki bot AI Gemini, yang memiliki awal yang sulit tetapi saat ini mampu, meskipun masih kekurangan chatbot, bahkan dengan versi premium.

Kini produk AI Google tersedia untuk semua orang. Google telah mengumumkan peningkatan besar-besaran ke NotebookLM, asisten riset dan penulisan bertenaga AI, dan memperluas ketersediaannya ke lebih dari 200 negara dan wilayah.

Peningkatan ini mencakup integrasi Gemini 1.5 Pro, model bahasa terbaru Google, yang meningkatkan kemampuan NotebookLM dalam memahami dan memproses informasi. Salah satu peningkatan utama adalah kemampuan chatbot yang baru diperoleh untuk memproses berbagai jenis file, termasuk Google Slide dan URL web, selain Google Dokumen, PDF, dan file teks. NotebookLM sekarang juga dapat menganalisis gambar, bagan, dan diagram dalam dokumen, memberikan kutipan jika relevan.

Notebook bertenaga AI Google sekarang tersedia secara global, berbasis Gemini 1.5 Pro foto: google

Fitur penting lainnya adalah Panduan buku catatan, yang membantu pengguna meringkas dan mengatur sumber mereka ke dalam format seperti FAQ, dokumen pengarahan, atau panduan belajar. Alat ini juga berpotensi membantu pengguna dengan berbagai jenis tugas.

Alat ini baru saja tersedia untuk pengguna di seluruh dunia. Namun produk AI Google memerlukan beberapa penggunaan dan penyesuaian sebelum benar-benar dapat berguna secara andal. Maklum, hal serupa pernah terjadi pada Gemini saat chatbot tersebut masih bernama Bard. Di mana alat AI tersebut masih belum sebagus sekarang setelah berubah menjadi Gemini.

(brl/red)