OpenAI rilis GPT-4o mini yang menawarkan AI Smarts dengan harga yang lebih terjangkau

OpenAI rilis GPT-4o mini yang menawarkan AI Smarts dengan harga yang lebih terjangkau

Techno.id - OpenAI meluncurkan versi ringan dari model GPT-4o andalannya pada 18 Juli 2024. Model miniatur baru yang dinamakanGPT-4o Mini ini tersedia untuk pengguna ChatGPT gratis dan berbayar mulai hari ini. Model kecil ini dimaksudkan untuk tugas sederhana atau berulang.

Tidak memerlukan banyak kekuatan pemrosesan, harganya relatif murah, dan cukup cepat. Tak heran jika model ini menjadi pilihan terbaik untuk integrasi aplikasi atau perangkat lunak. Sebanarnya peluncuran versi mini ini bukan hal baru. Sebab, sebagian besar perusahaan AI, termasuk Google dan Meta juga menawarkan LLM ringan.

Saat ini, GPT-4o adalah model yang paling terjangkau dan ringan milik OpenAI. Faktanya, model ini 60% lebih murah daripada GPT-3.5 Turbo, bahkan diklaim mengungguli Gemini 1.5 Flash dan Claude 3 Haiku. Pengembang yang menggunakan GPT-3.5 Turbo saat ini harus membayar USD0,50 atau sekitar Rp 8 ribuan untuk satu juta token input dan USD1,50 atau sekitar Rp24 ribuan untuk satu juta token output. Transit ke GPT-4o mini membawa harga token per juta turun masing-masing menjadi USD0,15 (sekitar Rp2.500 dan USD0,60 (sekitar Rp9 ribuan).

OpenAI rilis GPT-4o mini yang menawarkan AI Smarts dengan harga yang lebih terjangkau foto: freepik/user2846165

Itu penting karena aplikasi yang saat ini menawarkan fungsionalitas AI dapat meningkat, dan pengembang yang sebelumnya menghindari AI karena masalah biaya mungkin lebih cenderung untuk bergabung dengan alat AI lain. Model baru ini mungkin juga berfungsi sebagai pengganti GPT-3.5 untuk pengguna dan pengembang ChatGPT.

GPT-4o Mini saat ini ditujukan untuk pengembang. Namun, pengguna ChatGPT gratis dan berbayar mungkin masih dapat menggunakan GPT-4o Mini, terutama saat menghasilkan gambar, mengoreksi beberapa halaman teks, atau mengajukan pertanyaan sederhana. Pengguna gratis dapat memilih model ringan untuk menghindari batas penggunaan GPT-4o harian mereka. GPT-4o mini akan segera tersedia untuk semua pengguna ChatGPT. Pengembang juga mendapatkan akses langsung, meskipun pelanggan perusahaan harus menunggu satu minggu ke depan.

(brl/red)