Oppo berkomitmen menghadirkan smartphone AI terjangkau bagi semua orang

Oppo berkomitmen menghadirkan smartphone AI terjangkau bagi semua orang

Techno.id - Oppo berkomitmen membuat smartphone AI terjangkau bagi semua orang. Bukan cuma itu, Oppo juga berniat untuk merevolusi teknologi dan restrukturisasi ekosistem smartphone AI di masa mendatang. Tentu saja untuk rencana ini Oppo tidak sendirian tetapi bakal menggandeng Google, MediaTek dan IDC.

Penggunaan AI di dalam smartphone saat ini hanya bisa dilakukan pada perangkat kelas flagship. Namun dengan jangkauan global yang luas, konektivitas tinggi, dan kemampuan multimodal, penggunaan AI seharusnya bisa diakses lebih banyak pengguna di seluruh dunia.

Billy Zhang, President of Overseas Marketing, Sales, and Service Oppo menjelaskan, dengan upaya dan komitmen yang tiada henti, Oppo berkomitmen membuat smartphone AI terjangkau bagi semua orang. Untuk pertama kalinya dalam industri, Oppo akan membawa AI generatif ke semua lini produk. Diharapkan akhir tahun ini perangkat Oppo sudah membawa fitur AI generatif kepada sekitar 50 juta pengguna.

Sebagai informasi, selama dekade terakhir, Oppo telah mengajukan lebih dari 5.000 paten terkait penemuan AI, di mana sekitar 70% secara khusus terkait dengan pemrosesan gambar AI. Sejak tahun 2020, Oppo telah mempelopori pengembangan Large Language Models (LLMs) sendiri dan aktif dalam model visi besar serta teknologi multimodal. Lebih penting lagi, Oppo adalah perusahaan smartphone pertama yang menerapkan LLM dengan 7 miliar parameter langsung pada perangkat. Dengan memajukan teknologi AI, Oppo telah meluncurkan lebih dari 100 kemampuan AI generatif ke ponsel tahun ini.

Oppo berkomitmen menghadirkan smartphone AI terjangkau bagi semua orang foto: oppo

Selain berinovasi sendiri, Oppo bekerjasama erat dengan pemimpin industri lainnya untuk membawa pengalaman ponsel AI yang lebih baik berdasarkan perangkat Hybrid AI Architecturedan cloud. Dalam kemitraan dengan Google, seri Oppo Reno12 dan generasi berikutnya dari perangkat Flagship Find X akan menampilkan LLM bagian dari Google Gemini, yang membawa fitur AI yang lebih inovatif dan nyaman seperti AI Toolbox termasuk fitur AI Writer dan AI Recording Summary.

Dalam kolaborasi dengan MediaTek, kedua pihak menyempurnakan chip untuk meningkatkan efisiensi penyimpanan dan komputasi chip pada model flagship Oppo yang akan datang. Melalui kemitraan dengan Microsoft, ponsel Oppo generasi berikutnya akan dilengkapi kemampuan Microsoft untuk membawa pengalaman konversi suara dan teks yang lebih efisien, akurat, dan alami serta meningkatkan konektivitas antar AI desktop dan ponsel.

Oppo telah mengintegrasikan banyak fitur inovatif ke dalam smartphone AI-nya untuk membantu meningkatkan produktivitas dan memicu kreativitas.Dalam hal kreativitas, dengan kombinasi LLM dan teknologi seperti transkripsi cepat, pengguna dapat memproses lebih banyak informasi dan menikmati terjemahan realtime yang berkolaborasi antar perangkat antara AI Desktop dan smartphone yang telah menghasilkan peningkatkan produktivitas lebih lanjut.

Di sisi kreativitas, pengeditan foto dan kreasi personalisasi juga telah direvolosi melalui generasi multimodal dan teknologi motion generation. Misalnya, fitur Oppo AI Eraser membantu pengguna menghapus objek yang tidak diinginkan secara mulus dan dengan cepat menghasilkan objek yang hilang. Saat ini, fitur ini digunakan ratarata 15 kali per hari. Sementara itu, teknologi multimodal membantu pengguna dengan mudah menghasilkan konten visual dan teks kreatif di sosial media.

Ke depannya, transisi dari smartphone ke smartphone AI akan menjadi evolusi jangka panjang yang terus mengubah pengalaman mobile. Oppo optimistis dapat membuat smartphone AI terjangkau bagi semua orang dengan terus mengembangkan pengalaman smartphone AI yang optimal melalui inovasi dan kolaborasi sendiri saat menyambut kedatangan era baru smartphone AI.

(brl/red)