Pengguna seri iPhone 16 mengeluhkan masalah masa pakai baterai, cepat terkuras

Pengguna seri iPhone 16 mengeluhkan masalah masa pakai baterai, cepat terkuras

Techno.id - Smartphone seri iPhone 16 telah ada di pasaran selama lebih dari sebulan. Sayangnya, perangkat ini belum bisa hadir di Indonesia. Namun, banyak pengguna di sejumlah negara mengeluh tentang masalah pengurasan baterai.

Menurut beberapa postingan di saluran online seperti Reddit, forum dukungan Apple, dan forum pengguna lainnya, pengguna tidak puas dengan masa pakai baterai iPhone baru mereka, yang diklaim Apple akan bertahan sepanjang hari.

Tapi faktanya, banyak pengguna melaporkan pengurasan baterai berlebih, bahkan pada iPhone 16 Pro Max yang lebih besar dengan baterai terbesar yang pernah ditampilkan Apple di iPhone.

Pengguna seri iPhone 16 mengeluhkan masalah masa pakai baterai, cepat terkuras foto: apple

Seperti dilaporkan indianexpress.com, seorang pengguna iPhone 16 Pro Max di Reddit mengeluhkan masa pakai baterai iPhone 16 Pro Max miliknya jauh lebih buruk dari iPhone 13 Pro Max yang ia miliki sebelumnya. Ia menjelaskan, dalam waktu sekitar 3-4 jam saat dirinya tidur, daya baterainya hilang sekitar 15-20%. Padahal perangkat tersebut tidak digunakan alias menganggur. Sementara iPhone 13 Pro Max dalam situasi yang sama tidak kehilangan daya sebanyak itu.

Keluhan yang sama disampaikan pengguna iPhone 16 Pro. Baterai iPhone 16 Pro miliknya bertahan sekitar 5-6 jam waktu di layar sebelum mencapai 20%. Sudah seminggu digunakan, dan tidak ada yang berubah.

Sebagian besar pengguna iPhone saat ini mengantisipasi pembaruan perangkat lunak untuk menghilangkan masalah baterai. Tetapi Apple belum mengakui masalah tersebut atau berjanji untuk memberikan pembaruan perangkat lunak yang dapat memperbaikinya.

Solusi inovatif

Sampai saat ini, belum ada solusi konkret untuk memperbaiki masalah masa pakai baterai seri iPhone 16. Namun, bagi beberapa pengguna, menghapus aplikasi kalender akan berhasil, dan bagi yang lain, menonaktifkan fitur seperti tampilan selalu aktif dan ProMotion membantu mengatasi penyebabnya.

Faktanya, beberapa pengguna melangkah lebih jauh dengan mengatur ulang perangkat mereka sepenuhnya, tetapi hasilnya tidak terlalu menjanjikan. Sekali lagi, ini adalah beberapa fitur penting di iPhone, dan menghapus serta menonaktifkannya jelas bukan perbaikan permanen.

Apple diperkirakan akan merilis pembaruan iOS 18.1 dengan Apple Intelligence pada akhir Oktober. Hanya waktu yang akan menjawab, apakah pembaruan akan benar-benar membantu meningkatkan masa pakai baterai pada iPhone terbaru.

(brl/red)