Perubahan ukuran halaman Android 15 diklaim dapat meningkatkan kinerja

Perubahan ukuran halaman Android 15 diklaim dapat meningkatkan kinerja

Techno.id - Google sedang bersiap-siap untuk merilis versi stabil Android 15. Sistem operasi ini mungkin akan mendarat di smartphone Pixel terlebih dahulu sebelum diluncurkan untuk seluruh perangkat Android beberapa bulan ke depan. Kabarnya ada perubahan terbaru pada sistem operasi ini yang dapat meningkatkan kinerja pada beberapa perangkat.

Android 15 memperkenalkan perubahan signifikan dalam cara sistem operasi mengelola memori, yang berpotensi menyebabkan peningkatan performa 5-10%. Secara tradisional, Android telah menggunakan ukuran halaman 4 KB, tetapi sekarang akan mendukung ukuran halaman 16 KB yang lebih besar, yang diaktifkan oleh CPU ARM yang lebih baru.

Pergeseran ke ukuran halaman yang lebih besar ini berarti lebih sedikit overhead untuk sistem operasi saat mengalokasikan memori ke aplikasi. Hasilnya adalah lebih banyak sumber daya yang tersedia untuk menyempurnakan video, game, dan pengalaman aplikasi pengguna secara keseluruhan.

Android 15 telah difaktorkan ulang untuk bekerja dengan mulus pada ukuran halaman 4 KB dan 16 KB. Selain itu, sistem file seperti EROFS dan F2FS, bersama dengan lapisan penyimpanan UFS, telah diadaptasi untuk kompatibilitas 16 KB. Manajemen memori juga telah dioptimalkan untuk menghindari pemuatan yang tidak perlu untuk padding ekstra yang diperkenalkan oleh ukuran halaman yang lebih besar.

Developer perlu membangun kembali kode native mereka dengan penyelarasan 16 KB dan menguji secara menyeluruh pada perangkat atau emulator 16 KB untuk mengidentifikasi dan memperbaiki asumsi hardcode tentang ukuran halaman.

Bagian yang menyedihkan adalah, ini bukan fitur yang akan tersedia untuk sebagian besar smartphone Android 15 baru, atau dengan ponsel yang mendapatkan pembaruan di kemudian hari. Sebaliknya, sepertinya ini adalah sesuatu yang perlu diterapkan produsen pada ponsel baru apa pun yang dirilisnya. Bagaimanapun, ini adalah fitur tingkat kernel, dan tidak mudah untuk mengubahnya di perangkat yang ada, setidaknya tanpa merusak banyak hal. Untuk saat ini, Google meluncurkan sakelar pengembang yang akan mengaktifkan mode 16 KB pada Android 15 QPR1 Beta. Namun ini mengharuskan pengguna menghapus OS perangkat dan membuka kunci bootloader.

(brl/red)