Prosesor iPhone 16 akan mendapatkan mesin neural AI yang lebih bertenaga

Prosesor iPhone 16 akan mendapatkan mesin neural AI yang lebih bertenaga

Techno.id - Tahun 2024 adalah tentang fitur AI generatif pada ponsel cerdas. Hal ini pun membuat banyak orang bertanya, apakah Apple juga akan ikut-ikutan ketika akhirnya meluncurkan seri iPhone 16 akhir tahun ini?

Maklum, Samsung menjadi sorotan dengan Galaxy AI saat meluncurkan Galaxy S24, sehingga mungkin saja Apple tidak punya pilihan selain merespons.

Untuk itu, Apple perlu melakukan perbaikan pada chipset untuk iPhone 16-nya agar ponsel dapat mendukung semua fitur AI baru. Sebuah laporan baru mengklaim bahwa Apple akan melengkapi chipset iPhone 16 A18 dengan neural engine yang ditingkatkan secara signifikan. Diklaim juga bahwa neural engine baru akan dilengkapi dengan chip M4 untuk MacBook generasi mendatang.

Apple akan mengungkap fitur AI baru dengan iOS 18

Prosesor iPhone 16 akan mendapatkan mesin neural AI yang lebih bertenaga foto: macrumors

Apple berencana menghadirkan fitur AI ke ponselnya tahun ini. Hal itu dikonfirmasi CEO Apple Tim Cook sendiri. Jadi sangat masuk akal bagi perusahaan untuk membuat perubahan perangkat keras yang diperlukan untuk mendukung fitur-fitur tersebut.

Neural engine yang lebih kuat akan memungkinkan perangkat menyediakan sekumpulan fitur AI generatif kepada pengguna. Meskipun detail dari perusahaan sangat tipis, laporan menunjukkan bahwa fitur AI generatif baru akan diperkenalkan untuk Siri, Apple Music, Pesan, Pintasan, dan banyak lagi.

Apple diharapkan dapat membagikan lebih banyak informasi tentang fitur-fitur ini pada Juni ketika iOS 18 diluncurkan di acara WWDC-nya. iOS 18 akan diluncurkan dengan iPhone baru perusahaan akhir tahun ini.

Ini juga menunjukkan bahwa fitur AI generatif Apple mungkin hanya terbatas pada iPhone 16 dan tidak hadir pada model sebelumnya karena keterbatasan perangkat keras. Di sisi lain, Samsung menghadirkan beberapa fitur Galaxy AI ke model lama.

(brl/red)