Sekarang ChatGPT memiliki aplikasi desktop resmi, bisa mengakses mode suara

Sekarang ChatGPT memiliki aplikasi desktop resmi, bisa mengakses mode suara

Techno.id - ChatGPT sekarang memiliki aplikasi desktop resmi. Aplikasi saat ini terbatas pada macOS dan memerlukan keanggotaan ChatGPT Plus. Pengguna gratis akan mendapatkan akses beberapa minggu setelah peluncuran.

OpenAI mengungkapkan aplikasi desktop ChatGPT ini saat acara konferensi pers Spring Updates yang digelar pada 13 Mei 2024. Yang menjadi dorotan dari konferensi ini adalah GPT-4o, model AI yang dilengkapi ulang, jauh lebih cepat dan lebih pintar daripada GPT-4 Turbo.

Semua pengguna, termasuk pengguna gratis, dapat mengakses GPT-4o dengan fungsionalitas Vision penuh, Memori, Penelusuran, dan Analisis Data Tingkat Lanjut. Pada akhirnya, pengguna gratis dan berbayar akan mendapatkan akses ke Mode Suara yang secara efektif mengubah ChatGPT menjadi AI.

Ini adalah aplikasi yang sudah lama tertunda, dan memiliki beberapa fungsi yang rapi. Desktop ChatGPT terlihat dan terasa sangat mirip dengan situs web ChatGPT, dengan riwayat percakapan di bilah sisi, alat pemilihan model di bagian atas, dan kemampuan untuk menelusuri GPT buatan komunitas di GPT Store. Percakapan ini tentu saja disinkronkan ke situs web dan aplikasi selular ChatGPT, dan kamu dapat menekan tombol bagikan untuk membagikan percakapan kapan saja.

Sekarang ChatGPT memiliki aplikasi desktop resmi, bisa mengakses mode suara foto: openai/techno.id/yani andriyansyah

Lebih khusus lagi, kamu dapat menggunakan pintasan keyboard sederhana (Opsi + Spasi) untuk membuka jendela ChatGPT mini kapan saja. Jendela mini ini terlihat sangat mirip dengan alat pencarian Spotlight macOS, karena mereka menggunakan binding kunci yang hampir identik.

Jendela mini ini seharusnya berguna saat membuat, menyalin, dan menempelkan teks untuk karya profesional atau kreatif. Beberapa visi dan kemampuan suara GPT-4o juga disertakan dalam aplikasi desktop. Kamu dapat meminta aplikasi untuk melihat apa yang ada di layar atau menekan ikon headphone untuk memulai percakapan suara.

Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia di macOS saat diluncurkan. Versi Windows direncanakan akan hadir pada akhir 2024. Aplikasi desktop ChatGPT dapat diinstal dari situs web ChatGPT jika kamu adalah pengguna Plus.

Sementara pengguna gratis yang ingin mencoba aplikasi desktop dapat menunggu beberapa minggu atau membuka langganan Plus dengan masuk ke situs web ChatGPT dan membuka menu tarik-turun pemilihan model di bagian atas layar beranda.

(brl/red)