Sistem kamera iPhone 16 Pro Max menempati posisi terbaik keempat di dunia

Sistem kamera iPhone 16 Pro Max menempati posisi terbaik keempat di dunia

Techno.id - Sistem kamera iPhone 16 Pro Max adalah yang terbaik keempat di dunia. Namun untuk kemampuan video menempati posisi puncak. Itulah hasil pengujian yang dilakukan DxOMark, Senin (23/9).

Setelah iPhone 16 Series dirilis, pengujian pada berbagai fitur dan komponennya mulai dilakukan sejumlah pihak. Dalam salah satu pengujian, kamera iPhone 16 Pro Max memberikan serangkaian hasil yang bagus. Menurut pengujian DxOMark, iPhone 16 Pro Max mencetak 157 poin secara keseluruhan, memberikannya peringkat keempat secara global.

Namun posisi tersebut tertinggal di belakang Huawei Pura 70 Ultra (163), Google Pixel 9 Pro XL (158), dan Honor Magic6 Pro (158). iPhone 16 Pro Max juga menempati posisi keempat peringkat Ultra-Premium, untuk perangkat bernilai lebih dari USD800 atau sekitar Rp12,1 jutaan.

Namun dalam hal kategori lain, iPhone 16 Pro Max memperoleh nilai 159, skor teratas untuk video. Hasil yang luar biasa ini dicapai berkat eksposur dan akurasi warna yang konsisten di berbagai kondisi, dan memiliki tekstur penghilang noise terbaik dari perangkat apa pun yang pernah dilihat penguji hingga saat ini.

Sistem kamera iPhone 16 Pro Max menempati posisi terbaik keempat di dunia

foto:dxomark

Menurut DxOMark, fitur video Iphone 16 Pro max yang ditujukan untuk para profesional juga sangat mengesankan, termasuk profil ProRes dalam mode Log dan HDR dan mode 4K120fps baru. Selain kualitas video keseluruhan yang terdepan di kelasnya, pujian juga diberikan pada kinerja warnanya untuk gambar yang menggunakan berbagai warna cerah dan opsi warna gambar yang dapat disesuaikan. Beragam opsi pengeditan, pratinjau gambar yang sangat akurat dan zero shutter lag juga mendapat pujian bagus.

Satu-satunya kontra dalam hasil pengujian berkaitan dengan fungsi zoom, yang sekarang menggunakan sistem lensa Tetraprism untuk meningkatkan perbesarannya. Hasilnya ada inkonsistensi antara rentang 2x dan 5x. Gambar kehilangan beberapa detail.

Masalahnya mungkin disebabkan fakta bahwa ini adalah dua sensor berbeda yang digunakan untuk setiap titik jangkauan. Pada 2x, sebenarnya menggunakan crop 12MP dari kamera Fusion 48MP, sedangkan 5x menggunakan versi Telefoto.

Hasil DXO adalah kelanjutan dari skor tinggi yang biasanya diterima sistem kamera Apple untuk perangkat seluler barunya. Untuk tahun 2023, iPhone 15 Pro Max memiliki sistem kamera terbaik kedua di dunia, dengan skor 154 poin.

(brl/red)