Tak semoncer permintaan iPhone 16 dan 16 Plus, pre-order model iPhone 16 Pro rendah, ini alasannya  

Tak semoncer permintaan iPhone 16 dan 16 Plus, pre-order model iPhone 16 Pro rendah, ini alasannya  

Techno.id - Apple yang berharap model iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max bakal mendapat perhatian para penggemar, ternyata yang terjadi sebaliknya. Menurut analis Apple Ming-Chi Kuo, pre-order untuk iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max lebih rendah dari yang diharapkan.

Informasi ini didasarkan pada survei rantai pasokan, serta perkiraan pengiriman yang tercantum di toko online Apple setelah perangkat tersedia untuk pre-order di Amerika Serikat dan wilayah lain pada, Jumat (13/9).

Kabarnya, penjualan keempat model di seri iPhone 16 yang baru saja diluncurkan mencapai 37 juta unit selama akhir pekan pertama setelah pre-order dibuka. Angka ini mengalami penurunan sekitar 12,7% dibanding penjualan akhir pekan pertama model iPhone 15 tahun lalu.

Tak semoncer permintaan iPhone 16 dan 16 Plus, pre-order model iPhone 16 Pro rendah, ini alasannya foto: apple

Lebih khusus lagi, berbicara tentang model tertentu, pre-order iPhone 16 Pro Max turun 16% dibanding iPhone 15 Pro Max, sedangkan pre-order iPhone 16 Pro turun 27% dibanding dengan iPhone 15 Pro.

Fakta ini menunjukkan, popularitas model iPhone 16 Pro tahun ini belum banyak mendspat perhatian di kalangan pembeli iPhone, meskipun ponsel ini mengemas kamera ultrawide baru, tombol rana kamera khusus, bezel yang lebih tipis, kecepatan pengisian daya yang lebih baik, kemampuan perekaman video yang ditingkatkan, kecepatan 5G yang lebih baik, dan banyak lagi.

Sebaliknya, model iPhone 16 standar, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus masing-masing mendapat permintaan yang lebih tinggi daripada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, selama akhir pekan pertama penjualan. Khususnya, iPhone 16 mencatat penjualan 10% lebih banyak dibanding iPhone 15 tahun lalu, dan iPhone 16 Plus mencatat penjualan 48% lebih banyak daripada iPhone 15 Plus dari tahun lalu selama periode yang sama.

Tak semoncer permintaan iPhone 16 dan 16 Plus, pre-order model iPhone 16 Pro rendah, ini alasannya foto: apple

Seperti yang dicatat Kuo, permintaan untuk model standar, bagaimanapun, tidak cukup untuk mengimbangi permintaan yang lebih rendah untuk model iPhone 16 Pro. Diperkirakan bahwa tidak adanya Apple Intelligence di luar kotak pada seri iPhone 16 ketika diluncurkan, menjadi salah satu alasan utama bagi orang-orang yang lebih tertarik pada model iPhone 16 standar daripada varian Pro.

(brl/red)