Terkadang ada baiknya kamu mematikan koneksi Wi-Fi komputer saat bekerja, ini manfaatnya

Terkadang ada baiknya kamu mematikan koneksi Wi-Fi komputer saat bekerja, ini manfaatnya

Techno.id - Kebanyakan dari kita akan selalu ingin terhubung ke Wi-Fi saat bekerja menggunakan laptop. Tujuannya agar kita selalu terkoneksi dengan internet dan dapat mengupdate berita atau sekadar menikmati hiburan melalui streaming atau mejelajah media sosial.

Tapi ada kalanya kita juga perlu mematikan Wi-Fi ketika bekerja tanpa harus terkoneksi dengan internet. Biasanya perangkat seperti laptop selalu diatur agar online secara default. Namun apa jadinya jika kita mematikan Wi-Fi? Inilah beberapa manfaat ketika harus memutuskan koneksi Wi-Fi.

1. Meningkatkan masa pakai baterai

Terkadang ada baiknya kamu mematikan koneksi Wi-Fi komputer saat bekerja, ini manfaatnya foto: unsplash/panos sakalakis

Beberapa laptop menawarkan masa pakai baterai sepanjang hari. Sebagian besar tidak. Jika kamu memiliki masa pakai baterai empat jam yang kamu coba perpanjang selama satu hari kerja penuh, maka kamu harus menonaktifkan internet.

Sebab Wi-Fi laptop terus-menerus melakukan ping, mencari sinyal. Ketika tidak terhubung ke internet, maka laptop akan menggunakan sedikit daya.

Ada juga program yang terhubung ke internet yang berjalan di latar belakang. Meskipun browser web tidak terbuka, kamu mungkin memiliki Outlook yang mengunduh email atau Dropbox mengunggah file. Komputer mungkin sedang mengunduh pembaruan sistem. Kamu mungkin memiliki antivirus yang menyegarkan database-nya. Semua program ini menggunakan sedikit kekuatan pemrosesan. Saat internet mati, mereka beristirahat.

Dengan memotong Wi-Fi, kamu mengurangi jumlah energi yang dihabiskan komputer untuk mencari sinyal dan daya pemrosesan yang diperlukan untuk memberi daya pada semua program yang masuk ke web di latar belakang.

2. Menjaga keamanan laptop dari peretas

Terkadang ada baiknya kamu mematikan koneksi Wi-Fi komputer saat bekerja, ini manfaatnya foto: freepik/rawpixel.com

Saat ini, sebagian besar kerentanan keamanan menyerang kita melalui web. Ketika mengklik satu tautan yang salah, sangat mungkin seseorang akan menginstal perangkat lunak yang memberi mereka akses ke perangkat kamu. Kadang-kadang mereka menguncinya dan menyebarkan ransomware untuk mendapatkan uang tebusan.

Karena itu, memutuskan koneksi internet adalah garis pertahanan pertama. Mematikan Wi-Fi bisa dikatakan sebagai upaya untuk memotong jalan antara pelaku kejahatan siber dengan laptop.

Selain itu, mematikan koneksi internet juga dapat meningkatkan privasi. Pelacak yang berjalan di browser web atau di dalam aplikasi latar belakang tidak dapat mencuri data ketika koneksi terputus. Versi Windows yang lebih baru terkenal karena berapa banyak informasi yang mereka lacak, tetapi komputer Windows saat offline bersifat pribadi.

3. Menghalau notifikasi dan gangguan internet

Terkadang ada baiknya kamu mematikan koneksi Wi-Fi komputer saat bekerja, ini manfaatnya foto: freepik/rawpixel.com

Internet bisa sangat membantu tetapi juga dapat menjadi tempat yang kacau saat kamu bekerja. Saat internet terhubung, maka akan banyak notifikasi yang masuk ketika kamu dituntut untuk menyelesaikan tugas atau menyerahkan naskah tepat waktu.

Solusi termudah untuk menghalau notifikasi adalah mematikan Wi-Fi. Selain itu mematikan Wi-Fi juga dapat membantu menghilangkan gangguan internet. Jadi tidak ada salahnya menonaktifkan Wi-Fi untuk sejenak ketika kamu harus fokus menyelesaikan tugas.

(brl/red)