TikTok dan SEJIWA Foundation luncurkan program untuk menjaga keamanan perjalanan digital remaja

TikTok dan SEJIWA Foundation luncurkan program untuk menjaga keamanan perjalanan digital remaja

Techno.id - TikTok merupakan salah satu platform digital yang sangat digemari pengguna, khususnya di kalangan remaja. Hanya saja, remaja juga menjadi kalangan yang rentan dari kejahatan dan risiko keamanan digital. Fakta inilah yang membuat TikTok meluncurkan program school roadshow bertajuk Seru Berkreasi dan #SalingJaga di TikTok.

Program yang menggandeng organisasi nirlaba SEJIWA Foundation ini bertujuan untuk mendukung kreativitas remaja sekaligus memastikan keamanan mereka di dunia digital. Roadshow edukasi ini akan diadakan di enam sekolah menengah atas di wilayah Jabodetabek untuk para siswa remaja dan orang tua serta wali, selama Oktober dan November 2024.

Hasil riset SEJIWA Foundation dan Western Sydney University terhadap remaja usia 13-18 tahun di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia menyebutkan, para remaja ingin mendapatkan bimbingan agar mereka bisa merasa aman di ruang digital.

TikTok dan SEJIWA Foundation luncurkan program untuk menjaga keamanan perjalanan digital remaja Communications Director TikTok Indonesia, Anggini Setiawan (foto: techno.id/yani andriyansyah)

Menurut Anggini Setiawan, Communications Director, TikTok Indonesia, menciptakan lingkungan digital yang aman bagi remaja untuk berkreasi membutuhkan upaya kolektif, baik dari orang tua atau wali, sekolah, dan platform.

Karena itu TikTok menyediakan wadah yang aman dan nyaman bagi pengguna untuk berkreasi, termasuk untuk remaja. Caranya dengan kebijakan, ragam fitur dan alat keamanan bagi orang tua dan remaja, serta program edukasi yang menggandeng mitra eksternal.

Lebih lanjut Anggini menjelaskan, program ini sekaligus untuk meningkatkan pemahaman tentang keamanan digital, serta memberdayakan para remaja serta orang tua dan wali untuk bersama-sama menciptakan perjalanan digital yang aman dan nyaman.

Hal senada diungkapkan Diena Haryana, Founder SEJIWA Foundation. Menutunya usia remaja memerlukan pendampingan dalam menghadapi tantangan di platform digital. Selain itu penting juga mengedukasi para orang tua dan wali tentang peran mereka mendampingi perjalanan digital anak remaja.

Program school roadshow Seru Berkreasi dan #SalingJaga di TikTok akan mengunjungi enam sekolah yang beragam di wilayah Jabodetabek, antara lain SMAN 53 Jakarta, SMAN 73 Jakarta, SMA Regina Pacis Jakarta, SMA Labschool Cibubur, SMA Rimba Madya Bogor, dan SMKN 3 Bogor.

Di setiap sekolah, TikTok dan SEJIWA Foundation akan mengadakan sesi paralel untuk remaja dan orang tua. Untuk para siswa remaja, TikTok akan mengajak para kreator yang memiliki dampak positif dan bisa menjadi inspirasi generasi muda, seperti Lianna Nathania, Ghina Eroz, Rival Amir, dan Tiranissya, yang akan berbagi cerita tentang perjalanan kreatif mereka di TikTok, sekaligus mengajak para siswa untuk lebih sadar terhadap pentingnya keamanan digital dan kesejahteraan digital, termasuk bagaimana mengelola interaksi online dan melindungi privasi akun mereka di TikTok.

TikTok dan SEJIWA Foundation luncurkan program untuk menjaga keamanan perjalanan digital remaja foto: techno.id/yani andriyansyah

Untuk para orang tua dan wali sebagai pendamping utama para remaja, TikTok bersama SEJIWA Foundation akan memberikan panduan tentang pentingnya peran orang tua dalam mendampingi perjalanan digital kreatif anak remajanya, cara memanfaatkan fitur Pelibatan Keluarga, serta mendengarkan tips dari kreator parenting Halimah dan kreator yang juga seorang musisi dan penulis Reda Gaudiamo, di mana keduanya juga akan membagikan pengalamannya sebagai seorang ibu. Tujuannya untuk membantu dan memberdayakan para orang tua dan wali agar bisa mendukung dan memastikan pengalaman digital yang aman dan sesuai usia bagi anak remajanya.

Program school roadshow Seru Berkreasi dan #SalingJaga di TikTok merupakan bagian dari kampanye #SalingJaga yang diluncurkan sejak September 2023. Kampanye ini merupakan upaya TikTok untuk mengingatkan semua orang untuk saling menjaga satu sama lain, baik dari konten negatif, misinformasi dan disinformasi, atapun konten-konten yang membuat orang lain tidak nyaman.

(brl/red)