WhatsApp sedang menyiapkan Nearby Share, fitur berbagi file mirip AirDrop iPhone

WhatsApp sedang menyiapkan Nearby Share, fitur berbagi file mirip AirDrop iPhone

Techno.id - WhatsApp dikabarkan sedang mengerjakan fitur seperti AirDrop milik iPhone, yang disebut Nearby Share. Rencananya fitur ini bakal disematkan pertama kali untuk perangkat Android dan selanjutnya ke iPhone.

Seperti AirDrop, fitur ini dimaksudkan untuk memungkinkan pengguna berbagi foto, video, dan dokumen dengan orang terdekat secara nirkabel tanpa koneksi internet. Rupanya, versi Android dari fitur ini dapat mendeteksi perangkat terdekat. Berbeda dengan versi iOS yang mengharuskan pengguna memindai kode QR untuk berbagi file.

Yang menjadi pertanyaan, iOS sudah memiliki AirDrop, lantas mengapa pengguna iPhone perlu memiliki fitur serupa melalui WhatsApp? Nearby Share dapat memungkinkan pengguna berbagi file antara iOS dan Android, sesuatu yang saat ini tidak tersedia tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

WhatsApp sedang menyiapkan Nearby Share, fitur berbagi file mirip AirDrop iPhone foto: freeopik/bangkokclickstudio

Namun WhatsApp belum secara resmi mengumumkan fitur tersebut dan tidak ada rencana yang jelas kapan diluncurkan. Saat ini, tampaknya fitur tersebut masih dalam tahap pengujian internal.

Tahun ini WhatsApp telah menampilkan sejumlah peningkatan, termasuk desain ulang yang membuat versi Android terlihat lebih seperti iterasi iOS. Aplikasi perpesanan ini juga menambahkan kemampuan untuk mengirim foto dan video dalam kualitas HD secara default, sesuatu yang sebelumnya tidak tersedia.

Pada Mei lalu, WhatsApp menambahkan bilah navigasi baru untuk pengguna Android, memungkinkan navigasi yang lebih mudah. WhatsApp juga memperbarui fitur Komunitas yang memungkinkan grup untuk merencanakan acara dalam aplikasi ke kalender. Tentu saja, Meta juga telah mengintegrasikan AI ke dalam semua produknya termasuk WhatsApp.

(brl/red)