WhatsApp sekarang memiliki fitur acara, begini cara membuatnya  

WhatsApp sekarang memiliki fitur acara, begini cara membuatnya  

Techno.id - WhatsApp memperkenalkan fitur organisasi baru yang memungkinkan kamu membuat acara di grup tertentu. WhatsApp belum lama ini menambahkan fitur acara ke grup komunitasyang awalnya muncul di blog WhatsApp.

Fitur tersebut diluncurkan ke grup dalam komunitas WhatsApp yang memungkinkan kamu mengatur grup di bawah satu payung. Meskipun WhatsApp menyajikannya sebagai cara yang lebih mudah bagi orang-orang untuk merencanakan kumpul-kumpul tanpa meninggalkan aplikasi WhatsApp, namun ada beberapa kekurangannya.

WhatsApp mengatakan pengguna akan menerima pemberitahuan saat acara semakin dekat, namun banyak pengguna tidak mendapatkanpemberitahuan ketika mencoba fitur tersebut. Meski begitu, fitur ini adalah cara untuk membuat orang reservasi ke suatu acara tanpa perlu mengirimkan email.

Cara membuat acara sendiri di WhatsApp

WhatsApp sekarang memiliki fitur acara, begini cara membuatnya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Setidaknya untuk saat ini, kamu hanya dapat membuat acara di WhatsApp jika grup obrolan kamu ada di dalam komunitas. Jadi, jika kamu benar-benar ingin mencoba fitur tersebut, pertimbangkan untuk membuat komunitas di WhatsApp. Setelah memiliki fitur tersebut, membuat acara menjadi mudah. Ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka obrolan tempat kamu ingin membuat acara dan pilih ikon klip kertas untuk lampiran.

2. Pilih opsi Acara.

3. Tambahkan detail untuk acara kamu, termasuk nama Acara serta waktu dan lokasinya. Kamu juga dapat mengaktifkan opsi untuk tautan panggilan WhatsApp jika acara kamu berupa panggilan video atau suara.

4. Setelah memasukkan semua detail, pilih ikon panah hijau untuk mengirim acara kamu ke grup.

5. Acara kamu akan muncul sebagai kotak khusus di dalam obrolan.

6. Anggota grup akan dapat reservasi ke acara kamu dengan memilihnya dan memilih apakah mereka akan hadir atau tidak. Jika kamu membuat acara, maka dapat memilih Edit acara untuk mengubah detail tertentu atau membatalkan acara.

7. Saat acara semakin dekat, kamu akan menerima pengingat.

8. Namun, jika kamu ingin memastikan mendapatkan pengingat, maka dapat memilih opsi Tambahkan ke kalender di detail acara untuk menambahkannya ke aplikasi kalender default kamu. Opsi tersebut membuka Google Kalender dan memungkinkan kamu mengedit detail acara dan pengingat sebelum menyimpannya.

9. Jika ingin acara tidak terkubur dalam pesan grup WhatsApp kamu, pastikan untuk menyematkannya dengan menahan widget acara dan memilih Sematkan.

Acara WhatsApp bisa menjadi fitur produktivitas yang berguna, tetapi untuk saat ini terbatas pada grup tertentu dan pengingat masih memerlukan beberapa perbaikan. Namun mudah-mudahan ini akan berkembang menjadi fitur praktis yang membuat acara grup dan rapat lebih mudah diatur.

(brl/red)