Windows 11 bisa menghubungkan ponsel Android ke File Explorer secara nirkabel

Windows 11 bisa menghubungkan ponsel Android ke File Explorer secara nirkabel

Techno.id - Microsoft sedang menguji integrasi smartphone Android nirkabel di Windows 11 File Explorer. Fitur ini, yang saat ini terbatas pada Insider Channels, terasa sangat intuitif bagi siapa saja yang pernah menggunakan drive USB atau jaringan SMB.

Sudah ada beberapa cara untuk mentransfer file secara nirkabel antara PC Windows dan smartphone Android. Kamu dapat menggunakan aplikasi Windows Phone Link, KDE Connect, atau bahkan klien FTP.

Namun, integrasi Android File Explorer adalah tambahan yang luar biasa untuk sistem operasi Windows. Ponsel Android kamu akan muncul secara otomatis di bilah sisi File Explorer, seperti drive USB atau server lokal. Kamu dapat mengelola file ponsel dari PC atau cukup mentransfer file antara kedua perangkat dengan sangat mudah.

Persyaratan untuk integrasi File Explorer ini cukup mudah. Kamu memerlukan PC Windows 11 dengan kemampuan nirkabel (Wi-Fi dan Bluetooth), ditambah smartphone yang menjalankan Android 11 atau lebih baru. Jika kamu telah menyiapkan Tautan Windows Phone, seharusnya tidak kesulitan menambahkan ponsel Android kamu ke File Explorer.

Windows 11 bisa menghubungkan ponsel Android ke File Explorer secara nirkabel foto: microsoft

Windows Insiders yang ingin menguji fitur baru harus mengaktifkannya secara manual. Pertama, periksa apakah kamu menjalankan versi BETA dari Link to Windows di ponsel Android. Dari sana, buka Pengaturan Windows 11 dan buka Bluetooth & Perangkat. Buka Perangkat Selular dan pilih Kelola Perangkat. Setelah memberi tahu PC bahwa diizinkan untuk mengakses ponsel Android, kamu harus mengalihkan opsi berlabel Akses di File Explorer.

Perhatikan bahwa integrasi Android File Explorer mungkin tidak diluncurkan ke semua Windows Insider saat ini. Jika kamu tidak melihat sakelar Akses di File Explorer, coba lagi dalam beberapa hari, karena peluncurannya agak lambat.

Microsoft pada akhirnya akan menghadirkan fitur ini ke semua pengguna Windows 11. Meskipun demikian, fitur ini masih di awal periode pengujian, dan integrasi Android File Explorer saat ini mengalami masalah umum yang harus diatasi sebelum dirilis stabil.

(brl/red)