Windows 11 mendapat tambahan penyesuaian menu Start, ini fungsinya

Windows 11 mendapat tambahan penyesuaian menu Start, ini fungsinya

Techno.id - Windows 11 baru saja mendapatkan beberapa penyesuaian yang berguna untuk menu Start, meskipun masih dalam pengujian untuk saat ini. Pembaruan ini datang sebagai bagian dari versi pratinjau (versi 22635) yang dirilis di saluran Beta akhir pekan lalu.

Ada dua penyesuaian utama untuk antarmuka Windows 11, yang keduanya berlaku untuk menu Start. Pertama, Microsoft menambahkan daftar lompatan untuk aplikasi yang mendukungnya. Artinya saat kamu mengeklik kanan aplikasi semacam itu di menu Start, kamu akan melihat daftar tindakan peka konteks yang mungkin ingin kamu ambil.

Anggap ini sebagai pintasan praktis. Misalnya, saat kamu mengklik kanan pada aplikasi PowerPoint, maka akan melihat opsi untuk segera membuka file yang baru saja kamu kerjakan di program. Atau untuk Snipping Tool, kamu akan diberikan opsi untuk segera mengambil tangkapan layar.

Penyesuaian kedua yang dibuat Microsoft untuk penguji Windows 11, yang baru-baru ini ditambahkan ke versi pratinjau ini, adalah kemampuan untuk menarik dan melepas aplikasi di menu Start langsung ke bilah tugas, atau desktop, untuk menyematkannya.

Meski ini hanya beberapa perubahan kecil, namun bermanfaat. Dikabarkan penyesuaian ini akan segera muncul pada pembaruan Windows 11 24H2, yang akan diluncurkan pada September 2024. Perubahan untuk menyeret dan menjatuhkan aplikasi dari menu Start ke desktop atau bilah tugas seharusnya sudah ada di Windows 11 sejak awal.

(brl/red)