YouTuber ini menginstal Windows XP di MacBook layar sentuh, hasilnya nggak disangka

YouTuber ini menginstal Windows XP di MacBook layar sentuh, hasilnya nggak disangka

Techno.id - Windows XP adalah salah satu versi Windows yang paling popular meskipun memiliki keanehan. Dirilis pada tahun 2001, ini adalah OS definitif untuk seluruh generasi anak-anak dengan wallpaper Bliss dan lonceng startup ikonik yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari selama hampir satu dekade.

Windows XP telah dihentikan begitu lama hingga empat iterasi Windows yang mengikutinya juga telah mencapai akhir dukungan. Namun, banyak penggemar teknologi DIY mencoba memutar balik waktu dan menciptakan kembali keajaibannya dengan memasang Windows XP di perangkat keras modern.

Cara inilah yang dilakukan seorang YouTuber, Michael MJD (@MichaelMJD) dengan menginstal Windows XP Tablet PC Edition 2005 di MacBook keluaran tahun 2011 yang dimodifikasi oleh Lingraphica dengan layar sentuh plug-in untuk aksesibilitas.

Rupanya, menjejalkan OS Microsoft yang sudah berusia puluhan tahun ke dalam laptop Apple lama bukan perkara gampang karena berbagai kompatibilitas perangkat keras dan masalah driver. Namun, terlepas dari rumitnya masalah tersebut, Michael akhirnya bisa menjalankan OS tersebut dan bahkan memainkan Half-Life dengan framerate yang layak.

Namun Michael membutuhkan perjuangan untuk menginstal XP di perangkat Apple. Dia melakukannya melalui perangkat lunak Boot Camp Apple. Karena dia ingin menggunakan layar sentuh MacBook, dia harus menggunakan ISO khusus yang mendukung fitur OS tablet. Saat menginstal versi resmi yang bersumber dari Arsip Internet default ke versi PC Windows XP selalu mendeteksi perangkat keras tablet yang tidak kompatibel.

Bahkan dengan ISO khusus, Michael masih tidak memiliki driver yang benar, menyebabkan penginstal terus mogok. Kemudian Michael menginstal driver Hampshire Touch Windows dari Internet Archive untuk memperbaiki masalah kompatibilitas dengan layar sentuh MacBook. Hasilnya driver bekerja, namun wizard penginstalan mengenali layar sentuh yang tidak bisa dikalibrasi. Tetapi akhirnya ia menginstal software tertentu dan akhirnya bisa melakukan kalibrasi layer sentuh MacBook yang sudah terinstal Windows XP.

Driver grafis awalnya juga mengalami masalah. Namun, versi yang benar dari Nvidia tidak terlalu sulit ditemukan, dan dia segera menjalankan semuanya. Setelah Michael menginstal semua driver, MacBook berfungsi seperti yang diharapkan. Tombol media, audio, grafik, dan lainnya berfungsi, memungkinkan Michael memamerkan fitur Windows XP di perangkat MacBook. Dia juga bisa menjalankan Half-Life di perangkat dengan framerate yang dapat dimainkan tetapi memiliki beberapa masalah saat mengutak-atik resolusi. Namun intinya, cara tersebut bisa dilakukan.

(brl/red)